Potensi Antimikroba Ekstrak Kasar Fuli Pala (Myristica Fragrans Houtt) Dalam Menghambat Pertumbuhan Candida Albicans Secara In Vitro

Amaliyah,LailyRizky (2012) Potensi Antimikroba Ekstrak Kasar Fuli Pala (Myristica Fragrans Houtt) Dalam Menghambat Pertumbuhan Candida Albicans Secara In Vitro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari aktivitas penghambatan ekstrak kasar fuli pala ( Myristica fragrans Houtt) terhadap pertumbuhan Candida albicans . Ekstrak kasar dari fuli pala diekstraksi dengan metode maserasi dengan perbandingan pelarut:bahan yakni 4:1. Metode penelitian ini adalah metode difusi disk pada agar SDA (Sabauroud dekstrosa agar). Metode penanaman Candida albicans dilakukan secara pour plate. Cakram kertas itu diletakkan di atas media agar dengan Candida albicans yang akan diuji. Tiga cakram kertas yang ditetesi dengan ekstrak kasar fuli pala dalam konsentrasi 10%, 20%, 30%, 40%, 50%, 60%, 70%, 80%, 90%, dan 100%, ditempatkan pada setiap satu cawan. Parameter yang diukur adalah diameter zona penghambatan dari ekstrak kasar fuli pala. Analisa komponen-komponen yang terdapat dalam ekstrak fuli pala menggunakan kromatografi gas-spektroskopi massa (KG-MS). Hasil analisis menunjukkan bahwa aktivitas penghambatan mulai konsentrasi 10% sampai 100% adalah aktivitas lemah. Senyawa yang berperan sebagai antimikroba dari ekstrak fuli pala ini diduga adalah miristisin dan safrol.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2012/44/051200300
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Jul 2012 11:29
Last Modified: 24 Oct 2021 17:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/153277
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bagian_Utama_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Bagian_Utama_Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Bagian_Awal_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Bagian_Awal_Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item