Agriani1, Nurtika (2012) Implementasi Fuzzy Iterative Dichotomiser 3 (Fid3) Dalam Evaluasi Kinerja Karyawan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sumber daya manusia merupakan elemen yang penting dalam suatu perusahaan baik swasta maupun pemerintah. Hal tersebut akan mendorong perusahaan untuk melakukan evaluasi kinerja sebagai ukuran hasil kerja karyawannya. Evaluasi kinerja dilakukan berdasarkan aspek-aspek tertentu sesuai dengan kebijakan perusahaan. Setiap karyawan umumnya memiliki nilai yang berbeda untuk setiap aspeknya. Hal ini akan menjadi suatu permasalahan jika dikaitkan dengan keputusan dalam pengembangan sumber daya manusia selanjutnya. Penelitian ini mengimplementasikan metode Fuzzy Iterative Dichotomicer 3 (FID3) pada evaluasi kinerja karyawan. FID3 merupakan metode decision tree yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan yang kadangkala bersifat tidak pasti. FID3 bekerja dengan cara membangun tree berdasarkan data latih, kemudian tree tersebut akan dikonversi menjadi aturan. Aturan yang diperoleh selanjutnya akan digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan. Pengujian dilakukan terhadap aturan yang telah terbentuk berdasarkan kombinasi nilai Fuzziness Control Threshold (FCT) dan Leaf Decision Threshold (LDT). Pengujian ini menggunakan metode inferensi Mamdani yang dilakukan pada 100 data uji yang berbeda dari data latih. Hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan tingkat akurasi tertinggi dengan prosentase 83%. Hasil ini diperoleh pada nilai FCT sebesar 80% dan nilai LDT sebesar 15%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/MIPA/2012/409/051203316 |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 25 Sep 2012 09:46 |
Last Modified: | 24 Oct 2021 14:41 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/153243 |
Preview |
Text
Laporan_Skripsi__0810960017_.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |