Penyembunyian Pesan Pada Citra Terkompresi Dengan Metode Bit-Plane Complexity Segmentation (Bpcs) Dan Teknik Permutasi Blok

Hikmatiyar, MuhammadNuruddin (2012) Penyembunyian Pesan Pada Citra Terkompresi Dengan Metode Bit-Plane Complexity Segmentation (Bpcs) Dan Teknik Permutasi Blok. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Informasi adalah hal yang sangat berharga baik itu di bidang industri, bisnis, keamanan, pemerintahan, dan lain sebagainya. Terlebih lagi jika informasi yang dimaksud adalah informasi rahasia. Internet adalah sarana komunikasi yang sangat efektif dan efisien, di mana informasi mengalir dalam jumlah yang luar biasa banyak dengan sangat cepat dan hampir semua elemen masyarakat menggunakan internet. Sayangnya keamanan data dan informasi dalam komunikasi melalui internet masih sangat rawan dari pencurian. Maka dari itu diperlukan teknik pengamanan untuk menjamin kerahasiaan informasi yang dikirimkan melalui internet. Pada penelitian ini, digunakan algoritma Bit-Plane Complexity Segmentation yang memiliki keunggulan dalam hal kapasitas penyisipan yang relatif jauh lebih besar dari algoritma lain seperti Least Significant Bit (LSB) Insertion. Metode ini mampu menjaga kualitas kemiripan citra penampung dengan citra aslinya karena memanfaatkan karakteristik penglihatan manusia yang tidak dapat melihat bentuk informasi apapun dalam pola biner yang kompleks. Teknik permutasi blok digunakan untuk mengacak citra penampung sebelum pesan disisipkan sehingga pesan akan menyebar secara acak pada citra. Hal ini akan meningkatkan keamanan pesan rahasia dari usaha penguraian pesan oleh pihak yang tidak berhak. Implementasi BPCS dalam menyembunyikan pesan teks mampu menghasilkan kualitas kemiripan citra stego dengan citra aslinya dengan nilai PSNR hingga 65,35 dB dari empat puluh lima kali pengujian. Pada penyisipan penuh (menggunakan seluruh kapasitas penyisipan citra), kualitas citra dapat ditingkatkan secara signifikan dengan menurunkan nilai threshold sampai dengan batas tertentu. Pesan dapat bertahan dari manipulasi lokal pada citra stego jika bagian yang dimanipulasi adalah bagian yang tidak dianggap kompleks (daerah informatif). Hal ini juga berlaku pada manipulasi secara keseluruhan citra, jika citra dikembalikan lagi ke bentuk asalnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2012/371/051203278
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Sep 2012 10:05
Last Modified: 24 Oct 2021 01:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/153206
[thumbnail of 0710960026-Laporan.pdf]
Preview
Text
0710960026-Laporan.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item