Isolasi dan Uji Patogenisitas Kapang Entomopatogen pada Kutu Sisik Coklat (Lepidosaphes beckii Newman) Hama Tanaman Jeruk Keprok (Citrus reticulata)

Andriantim, PutriFirza (2013) Isolasi dan Uji Patogenisitas Kapang Entomopatogen pada Kutu Sisik Coklat (Lepidosaphes beckii Newman) Hama Tanaman Jeruk Keprok (Citrus reticulata). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan isolat kapang entomopatogen dengan patogenisitas tinggi terhadap kutu sisik coklat (L. beckii) hama tanaman Jeruk Keprok (Citrus reticulata) yang tumbuh dari dataran rendah, medium dan tinggi. Penelitian dilakukan menurut rancangan acak kelompok faktorial dengan perlakuan isolat kapang, densitas konidia dan hari pengamatan. Sampel diambil dari sentra perkebunan Jeruk Keprok Pamekasan, Ponorogo, dan Batu. Sampel kapang diisolasi kemudian dilanjutkan seleksi berdasarkan patogenisitasnya terhadap L. beckii. Isolat yang menyebabkan mortalitas tertinggi diuji patogenisitasnya dan dilakukan karakterisasi fenotip untuk dibandingkan dengan isolat acuan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tujuh isolat kapang entomopatogen dari 14 kapang yang didapatkan. Viabilitas konidia tertinggi 83 % ditunjukkan isolat KBT D2. Isolat KBT D2 memiliki patogenisitas paling tinggi dengan densitas 107 konidia/ml pada 14 hari dapat menyebabkan mortalitas L. beckii sebesar 74,10 % dan nilai LC50 14 hari sebesar 4,8 x 104 konidia/ml.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2012/361/051203268
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 15 May 2013 09:12
Last Modified: 24 Oct 2021 01:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/153195
[thumbnail of skripsi.pdf]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item