Pengelompokan Terbaik Berdasarkan Algoritma Fuzzy Subtractive Clustering Dan Average Linkage Pada Pengelompokkan Pos Curah Hujan (Studi Kasus Di Kabupaten Malang)

Hartati, Elfira (2012) Pengelompokan Terbaik Berdasarkan Algoritma Fuzzy Subtractive Clustering Dan Average Linkage Pada Pengelompokkan Pos Curah Hujan (Studi Kasus Di Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Banyak penelitian klimatologi yang bertujuan membuat kelompok stasiun/ wilayah perkiraan iklim. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah melakukan pengelompokkan iklim (pola curah hujan) dengan membuat Zona Curah Hujan. Metode yang sering digunakan dalam pembentukan Zona Curah Hujan adalah analisis kelompok (cluster analysis). Penelitian ini bertujuan mengkaji prosedur pengelompokkan serta membandingkan metode pengelompokkan dengan menggunakan metode Average Linkage dan Fuzzy Subtractive Clustering. Variabel yang digunakan adalah tinggi curah hujan tiap 28stasiun di Kabupaten Malang. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa jumlah kelompok zona curah hujan yang terbentuk dengan metode Fuzzy Subtractive Clustering sebanyak 11 sedangkan dengan menggunakan metode Average Linkage menghasilkan 2 kelompok. Metode yang digunakan untuk mengukur tingkat kebaikan kedua algoritma pengelompokkan tersebut adalah metode pembandingan CTM. Setelah dilakukan penelitian, disimpulkan bahwa pengelompokkan dengan menggunakan algoritma Fuzzy Subtractive Clustering lebih optimal daripada algoritma Average Linkage.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2012/323/051203230
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Sep 2012 09:43
Last Modified: 23 Oct 2021 19:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/153157
[thumbnail of 051203230.pdf]
Preview
Text
051203230.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item