Pendugaan Struktur Bawah Permukaan Kawasan Candi Kidal Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang Dengan Metode Geolistrik Resistivitas Konfigurasi Dipole-Dipole

Setiawan, Wahyu (2012) Pendugaan Struktur Bawah Permukaan Kawasan Candi Kidal Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang Dengan Metode Geolistrik Resistivitas Konfigurasi Dipole-Dipole. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Telah dilakukan penelitian pendugaan struktur lapisan tanah bawah permukaan daerah sekitar Candi Kidal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variasi resistivitas jenis material, mengetahui struktur bawah permukaan serta untuk mengetahui korelasi lapisan bawah permukaan di sekitar Candi Kidal. Lokasi penelitian berlokasi di Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan metode geolistrik resistivitas konfigurasi dipole-dipole. Akuisisi data dilakukan secara mapping dengan menggunakan empat litasan yang mengelilingi candi dengan panjang tiap lintasan 18 m. Dari pengolahan 2D menunjukkan bahwa nilai resistivitas berkisar antara 3 Ωm sampai 2333 Ωm pada kedalaman 0.342 m sampai 2.72 m. Dari empat yang digunakan terdiri dari empat jenis lapisan yaitu lempung, lempung pasiran, pasir dan kerikil kering serta batu pasir. Setelah dilakukan interpretasi diduga terdapat korelasi pada lintasan 1 dan 3 dimana terlihat adanya lapisan yang menghubungkan kedua lintasan tersebut yang merupakan saluran air. Selain itu, terdapat lapisan batu pasir di bawah permukaan candi yang diduga memiliki hubungan dengan candi kidal. Untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan metode georadar guna melengkapi penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2012/306/051203213
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 08 Jan 2013 09:15
Last Modified: 23 Oct 2021 18:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/153139
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I-V.pdf]
Preview
Text
BAB_I-V.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Awalan.pdf]
Preview
Text
Awalan.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item