Implementasi Hybrid Particle Swarm Optimization Dan Local Exchange 2-Opt Untuk Menyelesaikan Capacitated Vehicle Routing Problem

Effendi, David (2012) Implementasi Hybrid Particle Swarm Optimization Dan Local Exchange 2-Opt Untuk Menyelesaikan Capacitated Vehicle Routing Problem. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahan Bakar Minyak (BBM) merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Hal ini memungkinkan BBM menjadi semakin langka dan harganya semakin meningkat, padahal hampir semua aspek kehidupan memmbutuhkan BBM, seperti transportasi. Salah satu solusi untuk mengatasinya adalah dengan mencari jarak terpendek rute kendaraan. Menentukan rute terpendek akan menghemat biaya transportasi. Permasalahan seperti ini biasa disebut dengan Vehicle Routing Problem (VRP). Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) adalah perluasan dari VRP yang ditambahkan kendala kapasitas barang untuk tiap kendaraan. Permasalahan CVRP diselesaikan menggunakan Hybrid Particle Swarm Optimization (HPSO) dan Local Exchange 2-opt. HPSO merupakan kombinasi antara algoritma genetika dan Particle Swarm Optimization (PSO). Operator genetika yang digunakan pada skripsi ini adalah Order Crossover (OX) dan Mutasi Swap. Metode Local Exchange 2-opt digunakan untuk perbaikan partikel agar tidah mudah terjebak dalam lokal optimum. Pada skripsi ini dilakukan analisa yang menghasilkan probabilitas crossover paling optimal adalah 1 dan probabilitas mutasi paling optimal adalah 0,1. Selanjutnya dilakukan pengujian keakuratan sistem menggunakan data uji yang telah ditentukan. Dari hasil pengujian didapat akurasi sistem sebesar 86,568%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2012/298/051203205
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 19 Dec 2012 15:13
Last Modified: 23 Oct 2021 18:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/153131
[thumbnail of Jurnal_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of PPT_UJIAN_SARJANA.pdf]
Preview
Text
PPT_UJIAN_SARJANA.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of FULL_FIX.pdf]
Preview
Text
FULL_FIX.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of -jurnal-.pdf]
Preview
Text
-jurnal-.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item