Klasifikasi Ketahanan Hidup Penderita Kanker Payudara Pada Data Haberman’s Survival Menggunakan Fuzzy Inferensi Mamdani Dengan Pembangkitan Aturan Fuzzy Iterative Dichotomiser 3 (Fuzzy Id3)

Laily,IrineAlful (2012) Klasifikasi Ketahanan Hidup Penderita Kanker Payudara Pada Data Haberman’s Survival Menggunakan Fuzzy Inferensi Mamdani Dengan Pembangkitan Aturan Fuzzy Iterative Dichotomiser 3 (Fuzzy Id3). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Fuzzy Iterative Dichotomiser 3 ( Fuzzy ID3) merupakan salah satu metode decision tree yang praktis untuk menyelesaikan permasalahan klasifikasi yang mengalami ketidakpastian. Unsur ketidakpastian tersebut menyangkut unsur keraguan, ketidakpastian linguistik, ketidaktepatan pengukuran dan subjektifitas yang terjadi dalam berbagai kasus. Salah satu kasus yang mengalami ketidakpastian adalah klasifikasi ketahanan hidup penderita kanker payudara pada Data Haberman’s Survival karena memiliki beberapa atribut yang berisi data numerik dan tidak mudah menentukan batasannya. Pada penelitian ini menggunakan metode pembangkitan aturan Fuzzy ID3. Parameter yang digunakan adalah tahun pasien menjalani operasi, umur pasien ketika menjalani operasi, dan jumlah node positif yang terdeteksi. Parameter tersebut memiliki nilai lingusitik, sehingga sistem inferensi fuzzy tepat untuk proses klasifikasi. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pembentukan himpunan fuzzy, pembetukan tree dengan algoritma ID3, dan proses pengujian dengan metode inferensi Mamdani. Hasil uji coba menunjukkan jumlah aturan terbanyak yang dihasilkan adalah sebanyak 26 aturan pada nilai Fuzzy Control Threshold (FCT) mulai dari 85% hingga 98% dan nilai Leaf Decision Threshold (LDT) sebesar 3%. Sedangkan tingkat akurasi tertinggi yang diperoleh sebesar 76% dengan nilai FCT mulai dari 80% hingga 98%. Dari keseluruhan uji coba yang telah dilakukan, nilai FCT dan LDT sangat berpengaruh terhadap jumlah aturan yang dihasilkan. Semakin besar nilai FCT maka semakin besar pula tingkat akurasi klasifikasi. Sedangkan perubahan nilai LDT tidak berpengaruh terhadap akurasi klasifikasi karena perbedaan jumlah aturan yang dihasilkan tidak begitu signifikan terhadap proses pengujian pada data uji.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2012/26/051200203
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Jul 2012 10:23
Last Modified: 23 Oct 2021 14:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/153096
[thumbnail of KLASIFIKASI_KETAHANAN_HIDUP_PENDERITA_KANKER_PAYUDARA.pdf]
Preview
Text
KLASIFIKASI_KETAHANAN_HIDUP_PENDERITA_KANKER_PAYUDARA.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of halaman_awal.pdf]
Preview
Text
halaman_awal.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item