Studi Akumulasi Rembesan Air Lindi Dengan Menggunakan Metode Geolistrik Resistivitas Konfigurasi Wenner Mapping (Study Kasus Tpa Supit Urang, Malang)

Hakim, ArifRahman (2012) Studi Akumulasi Rembesan Air Lindi Dengan Menggunakan Metode Geolistrik Resistivitas Konfigurasi Wenner Mapping (Study Kasus Tpa Supit Urang, Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang studi akumulasi rembesan air lindi di TPA Supit Urang dengan tujuan untuk mengetahui letak akumulasi rembesan air lindi, pola distribusi dari air lindi serta sejauh mana air lindi tersebut dapat merembes. Kondisi geologi daerah ini didominasi oleh pasir tufaan sehingga kemampuan untuk menyerap air lindi lebih tinggi jika dibandingkan dengan tanah lempung. Nilai resistivitas dari lindi ini lebih kecil jika dibandingkan dengan nilai resistivitas air bersih, yakni < 10 Ohm meter. Studi akumulasi rembesan air lindi secara lateral ini dilakukan dengan menggunakan metode geolistrik resistivitas konfigurasi Wenner mapping. Akuisisi data dilakukan secara mapping pada empat lintasan dengan panjang bentangan 150 m dan jarak antar titik tiap lintasan 10 m. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa lindi di TPA Supit Urang lebih banyak terdapat pada lintasan 1 dan dapat merembes hampir ke segala arah yakni utara, timur dan selatan. Akan tetapi, lindi ini lebih banyak dan cenderung merembes ke arah Timur menuju rumah penduduk sekitar TPA. Rembesan lindi ini juga terdeteksi hingga kedalaman 24,9 meter dan diperkirakan dapat merembes mencapai radius 500 meter dari TPA atau rembesannya sudah mencapai rumah penduduk sekitar TPA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2012/247/051203154
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 07 Jan 2013 13:56
Last Modified: 07 Jan 2013 13:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/153084
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item