Adversity Intelligence Pada Siswa Underachievement yang Pernah Mengikuti kelas Akselerasi (Studi kasus pada siswa akselerasi Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang yang telah tereliminasi)

Chairani, Rachmah (2012) Adversity Intelligence Pada Siswa Underachievement yang Pernah Mengikuti kelas Akselerasi (Studi kasus pada siswa akselerasi Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang yang telah tereliminasi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Adversity Intelligence adalah daya juang individu dalam menghadapi kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adversity intelligence pada siswa underachievement yang pernah mengikuti kelas akselerasi. Siswa underachievement adalah siswa dengan potensi akademik yang tinggi namun prestasi akademik yang rendah. Nantinya hasil penelitian ini dapat mengetahui kemungkinan ada tidaknya pengaruh adversity intelligence sebagai penyebab siswa menjadi underachievement. Penelitian ini dilakukan terhadap 3 subjek penelitian yang merupakan siswa Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang yang telah tereliminasi dari kelas akselerasi. penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semi terstruktur dengan teknik behavior event interview, observasi non partisipan, dokumentasi, dan second informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga siswa underachievement memiliki tipe adversity intelligence camper. Ketiga subjek memiliki control, origin,dan endurance dengan kategori sedang. Pada dimensi ownership dua subjek berada pada kategori sedang, dan satu subjek berada pada kategori rendah. Ketiga subjek memiliki reach yang rendah karena sama-sama tidak mampu membatasi jangkauan masalah yang dihadapi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2012/225/051205683
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 150 Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 10 Jan 2013 13:35
Last Modified: 23 Oct 2021 13:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/153063
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item