Penerapan Grafik Kendali X Dan S Serta Indeks Kemampuan Proses Pada Data Menyebar Log-Normal (Studi Pada Botol Sabun Mega Surya)

Farella, AngenDian (2012) Penerapan Grafik Kendali X Dan S Serta Indeks Kemampuan Proses Pada Data Menyebar Log-Normal (Studi Pada Botol Sabun Mega Surya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Data yang berasal dari pengendalian kualitas menyebar log-normal untuk itu dilakukan penyesuaian terhadap grafik kendali Shewart dan sesuai sebaran data. Grafik ini diterapkan pada berat bersih botol Sabun Mega Surya yang menyebar log-normal. Grafik kendali dan yang telah disesuaikan dibentuk dari hasil transformasi logaritma berat bersih botol Sabun Mega Surya dengan batas kendali atas dan bawah 3.55 dan 3.50 serta garis tengah 3.51. Berdasarkan grafik , terdapat empat titik keluar batas kendali atas maupun bawah sedangkan pada grafik , tidak ada titik yang keluar dari batas kendali. Keakuratan grafik kendali dan dapat dilihat melalui ARL. Nilai ARL grafik semakin kecil seiring dengan pertambahan rata-rata. Akan tetapi untuk grafik kendali , nilai ARL akan semakin besar bila ragam bergeser hingga 1.00 sedangkan pergeseran ragam sebesar 1.25 menyebabkan titik yang terkendali sebelum tept satu titik keluar dari batas kendali menurun yaitu 43 titik. dan botol sabun Mega Surya adalah 0.83 dan 0.65. Dari grafik kendali , terlihat pola pada titik-titik yaitu adanya titik yang keluar dari batas kendali, secara berurutan 7 titik berada di bawah garis tengah dan 2 dari tiga titik keluar dari batas kendali dengan α=0.05. Hal ini menunjukkan bahwa ada kesalahan pada proses produksi sehingga menyebabkan tidak sesuai dengan target.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2012/208/051203115
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 21 Dec 2012 14:47
Last Modified: 28 Oct 2021 01:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/153046
[thumbnail of SKRIPSI_ANGEN.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_ANGEN.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item