Implementasi Algoritma Koloni Semut Pada Penjadwalan Matakuliah Universitasbrawijaya (Studi Kasus Jurusan Matematika Fakultas Mipa)

Mubarok, UnggulIzza (2012) Implementasi Algoritma Koloni Semut Pada Penjadwalan Matakuliah Universitasbrawijaya (Studi Kasus Jurusan Matematika Fakultas Mipa). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Masalah penjadwalan kuliah merupakan masalah yang sangat kompleks dan rumit dimana inti dari masalah ini adalah bagaimana menjadwalkan berbagai komponen yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan waktu dengan memperhatikan sejumlah batasan dan syarat tertentu . Tujuan dari penjadwalan mata kuliah yaitu memimumkan jumlah pelanggaran hardconstrain. Hardconstrain tersebut meliputi dosen tidak boleh mengajar pada waktu yang bersamaan, mata kuliah dengan semester yang, sama prodi yang sama, kelas yang sama tidak boleh dijadwalkan di waktu yang bersamaan, pecahan SKS mata kuliah tidak boleh dijadwalkan pada hari yang sama, ruang perkuliahan tidak boleh digunakan untuk mata kuliah yang berbeda pada waktu yang bersamaan. Algoritma koloni semut merupakan salah satu algoritma heuristik yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan penjadwalan mata kuliah. Berdasarkan hasil penelitian initidak terdapat pelanggaran untuk hardcontrain.. Nilai parameter algoritma yang terbaik adalah α = 3 β = 3 ρ = 0,5 dan pheronome awal 0,01.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2012/176/051202350
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Sep 2012 14:01
Last Modified: 10 Nov 2021 03:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/153012
[thumbnail of Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Jurnal.pdf]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item