Studi Komparasi Atribut Sensoris Produk Wafer Cream dan Kesadaran Merek (Brand Awareness) Produk Wafer Cream Biggy di Kota Kediri (Studi Kasus di PT. Rukun Bersama Sentosa, Kediri)

Hedyanasari, Imanuella Grace (2017) Studi Komparasi Atribut Sensoris Produk Wafer Cream dan Kesadaran Merek (Brand Awareness) Produk Wafer Cream Biggy di Kota Kediri (Studi Kasus di PT. Rukun Bersama Sentosa, Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Rukun Bersama Sentosa merupakan salah satu perusahaan makanan ringan yang berada di Kota Kediri dengan poduk utama yang dihasilkan adalah produk wafer cream Biggy. Namun, industri yang berada di Kediri ini memiliki tingkat penjualan yang rendah di Kota Kediri sendiri dan belum adanya studi komparasi dengan produk kompetitor untuk mengetahui apakah produk dapat bersaing dengan produk lain dan diterima masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan produk wafer cream Biggy dengan wafer cream kompetitor dari segi sensoris serta mengetahui tingkat kesadaran merek masyarakat di Kota Kediri terhadap wafer cream Biggy. Metode yang digunakan dalam pengujian sensori adalah metode uji ranking hedonik dan akan dianalisis secara skalar, serta metode hedonik yang dianalisis dengan menggunakan Uji Friedman. Jika terdapat perbedaan nyata antara kedua sampel, maka dilanjutkan dengan uji Fisher untuk mengetahui apakah kedua sampel benar-benar berbeda. Metode pengujian kesadaran merek, metode sampling yang digunakan adalah metode Non Probability Sampling yaitu dengan metode Convenience Sampling, penelitian dengan menggunakan kuisioner dan analisa data menggunakan metode deskriptif dengan penjabaran. Berdasarkan hasil penelitian, hasil uji perbandingan menunjukan wafer cream Biggy memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan wafer cream Tango dari semua atribut uji. Berdasarkan hasil uji hedonik, karakteristik wafer yang disukai oleh panelis adalah memiliki warna cerah, aroma coklat yang kuat, renyah, dan memiliki rasa enak. Dari kedua sampel uji, wafer yang paling disukai oleh panelis adalah wafer Biggy dari segi kerenyahan dan rasa dengan median 3,50 dan wafer Tango dengan median sebesar 3,00. Segi warna dan aroma tidak ada perbedaan nyata antara dua sampel. Kesadaran merek (brand awareness) untuk produk wafer merek Tango secara umum menempati puncak pikiran (Top of Mind) di masyarakat. Merek Tango merupakan merek yang memiliki ekuitas merek terkuat di masyarakat. Tingkat kesadaran merek masyarakat tentang wafer Biggy masih rendah yaitu hanya 42,16% dari 102 responden. Dan dari 42,16% responden yang mengetahui wafer Biggy sebanyak 51,2% responden mendapatkan informasi tentang wafer Biggy lebih dari teman.

English Abstract

PT. Rukun Bersama Sentosa is a snack company established in Kediri with the main product is wafer cream Biggy. However, the industry has a low level of sales in Kediri City and there is no comparative study of the competitors to determine whether the product can compete with others. This study aimed to compare the product wafer cream Biggy and its competitors in terms of sensory. As well as determine the level of brand awareness in the people of Kediri about wafer cream Biggy. The sensory test method used is hedonic rank test method analyzed in a scalar and the hedonic method analyzed using Friedman Test. For brand

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2017/242/051704765
Uncontrolled Keywords: Wafer cream, Komparasi, Sensori, Kesadaran Merek.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 13 Jul 2017 09:36
Last Modified: 26 Sep 2020 07:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/153
[thumbnail of Imanuella Grace Hedyanasari.pdf] Text
Imanuella Grace Hedyanasari.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item