Etnobotani Dan Konservasi Kaliwwo (Pekarangan Tradisional) Di Desa Bera Dolu, Kecamatan Loli,Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur

Logi,ErniyatiMR (2012) Etnobotani Dan Konservasi Kaliwwo (Pekarangan Tradisional) Di Desa Bera Dolu, Kecamatan Loli,Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kaliwwo merupakan pekarangan tradisional yang ditanami dengan berbagai tanaman bernilai ekonomi, sosial-budaya, estetika, dan obatobatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) persepsi masyarakat Desa Bera Dolu terhadap kaliwwo sebagai basis konservasi, (2) mengetahui jenis–jenis dan (3) pemanfaatan tanaman yang terdapat di kaliwwo , dan (4) mengetahui potensi kaliwwo dalam mendukung upaya konservasi biodiversitas. Penelitian dilakukan di lima kampung di Desa Bera Dolu, Kecamatan Loli, Kabupaten Sumba Barat, NTT. Studi persepsi masyarakat dilakukan dengan membagikan kuisoner kepada 100 responden dari beberapa kelompok umur. Studi etnobotani dilakukan dengan metode wawancara semi-terstruktur terhadap key person (aparat desa, tokoh adat, dan pemuka masyarakat) dan inventarisasi spesies tanaman dilakukan di lima kampung. Analisis data persepsi masyarakat dilakukan dengan skala Likert. Analisis data pemanfaatan tanaman dilakukan dengan metode UVS ( Use of Value Significance ) dan ICS ( Index of culture significance ) serta fidelity level. Hasil inventarisasi spesies diidentifikasi dan sampel yang tidak diketahui jenisnya dibuat herbarium dan diidentifikasi dengan menggunakan literatur taksonomi. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa persepsi masyarakat Desa Bera Dolu terhadap keberadaan kaliwwo tinggi. Terdapat 25 suku dan 48 jenis tanaman yang terdapat di kaliwwo yang dimanfaatkan untuk bahan pangan tambahan, konstruksi bangunan, obat-obatan, rempah-rempah, ritual, sayuran, kayu bakar dan untuk dijual. Tanaman-tanaman di kaliwwo bernilai dan memberikan manfaat terhadap kebutuhan masyarakat Desa Bera Dolu sehingga perlu dipertahankan keberadaannya dengan demikian maka kaliwwo akan tetap lestari di Sumba.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2012/150/051201921
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Jul 2012 13:15
Last Modified: 22 Oct 2021 17:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152988
[thumbnail of 051201921.pdf]
Preview
Text
051201921.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item