Andriati, Devi (2012) Visualisasi Pencarian Rute Terpendek Lokasi Instansi Pemerintahan Pada Peta Menggunakan Algoritma Ant Colony. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kasus pencarian rute terpendek merupakan permasalahan yang terjadi dalam masyarakat untuk mencapai tujuan dengan waktu yang efisien dan jarak rute terdekat. Oleh karena itu, dikembangkan sebuah sistem pencarian rute terpendek yang dapat digunakan sebagai alat bantu masyarakat untuk sampai ditujuan tanpa menguras waktu yang banyak. Pada penelitian ini dikembangkan metode algoritma ant colony untuk pencarian rute terpendek lokasi instansi pemerintahan dengan peta. Algoritma semut ( Ant Colony ) merupakan algoritma yang memiliki teknik probabilistik yang dipengaruhi oleh jejak semut (feromon). Teknik Probabilistik dapat menyelesaikan masalah komputasi untuk menemukan rute terbaik. Pencarian rute terpendek dipengaruhi juga oleh kepadatan lalu lintas yang bergantung pada vector arah jalan , waktu keberangakatan dan jenis kendaraan yang digunakan. Dari hasil pengujian pada penelitian ini diperoleh nilai akurasi mendekati hasil terbaik sebesar 20% pada saat α =0 dan β = 0. Sedangkan pada saat parameter ( α =0, β = 1)( α =2, β = 1) ,( α =0, β = 2) ,( α =1, β = 2) sampai ( α =2, β = 5) nilai akurasi diperoleh sebesar 100% . Nilai akurasi ini lebih mendekati hasil terbaik. Perubahan yang terjadi pada parameter α , β akan menjadi prioritas utama dalam pencarian rute terpendek karena nilai yang dihasilkan akan digunakan sebagai nilai probabilitas dan jejak semut ( feromon ).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/MIPA/2012/108/051200666 |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 06 Jul 2012 14:58 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 15:49 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152942 |
Preview |
Text
051200666.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |