Pengaruh Rempah-Rempah Dan Sirsak Terhadap Kandungan Radikal Bebas Pada Daging Sapi Yang Dimasak Menggunakan Oven Gelombang Mikro

Zahra,Fatimatus (2012) Pengaruh Rempah-Rempah Dan Sirsak Terhadap Kandungan Radikal Bebas Pada Daging Sapi Yang Dimasak Menggunakan Oven Gelombang Mikro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Radikal bebas merupakan atom yang memiliki elektron yang tidak berpasangan. Radikal bebas sangat berbahaya untuk kesehatan. Daging sapi diperlakukan dengan tiga cara baik sebelum dan sesudah dimasak menggunakan oven gelombang mikro. Cara pertama, daging dimasak menggunakan oven gelombang mikro tanpa penambahan rempah-rempah dans irsak. Cara kedua dan ketiga dengan melumuri rempah-rempah atau sirsak sebelum dan sesudah dimasak menggunakan oven gelombang mikro. Pengukuran radikal bebas dilakukan dengan menggunakan Electron Spin Resonance (ESR) Leybold-Heracus. Dari besarnya arus (I) dan frekuensi (f) yang tercatat pada osiloskop saat terjadi resonansi dapat digunakan untuk menghitung nilai faktor g. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daging sapi yang dimasak dengan menggunakan oven gelombang mikro mengandung tiga jenis radikal bebas yaitu radikal hidroksil, anion sulfat (SO4-) dan anion superoksida (O2-). Pemberian rempah-rempah dan sirsak berpengaruh pada jumlah radikal bebas yang ditimbulkan akibat proses pemasakan dengan menggunakan oven gelombang mikro. Ketika daging dilumuri dengan rempah-rempah atau sirsak yang mengandung antioksidan, jumlah radikal bebas yang terjadi semakin menurun. Sirsak mengandung antioksidan yang tinggi karenanya sirsak dapat menangkal radikal peroksida dan anion superoksida (O2-). Cengkeh mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal anion sulfat (SO4-). Kunyit, jintan, pala dan kayu manis mempunyai antioksidan yang mampu menangkap radikal anion superoksida (O2-).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2012/106/051200773
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Jul 2012 15:34
Last Modified: 22 Oct 2021 15:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152940
[thumbnail of Seminar_Hasil.pdf]
Preview
Text
Seminar_Hasil.pdf

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Laporan_Bab_1-3.pdf]
Preview
Text
Laporan_Bab_1-3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Halaman_Depan.pdf]
Preview
Text
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Laporan_Bab_4-5.pdf]
Preview
Text
Laporan_Bab_4-5.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item