Efek Penambahan Rempah- Rempah Pada Berbagai Jenis Minyak Goreng Jelantah Sebagai Penurun Kadar Radikal Bebas Dengan Metode Resonansi Spin Elektron

Nadliroh,Kuni (2012) Efek Penambahan Rempah- Rempah Pada Berbagai Jenis Minyak Goreng Jelantah Sebagai Penurun Kadar Radikal Bebas Dengan Metode Resonansi Spin Elektron. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Minyak Goreng Merupakan Salah Satu Bahan Pokok Yang Tidak Bisa Lepas Dari Kehidupan Manusia. Dalam Kesehariannya Manusia Hampir Tidak Bisa Lepas Dari Mengonsumsi Minyak Goreng. Akan Tetapi Penggunaan Minyak Goreng Yang Salah Dapat Menyebabkan Berbagai Macam Penyakit Yang Dapat Merusak Sistem Tubuh Yang Ada, Sehingga Sistem Tubuh Tersebut Terganggu. Dalam Penggunaannya Minyak Goreng Sering Dipakai Berulang Kali. Akibat Penggunaan Minyak Yang Berulang Kali Menyebabkan Rusaknya Kandungan Minyak, Salah Satunya Adalah Menyebabkan Munculnya Radikal Bebas. Radikal Bebas Adalah Atom Maupun Molekul Yang Memiliki Elektron Tidak Berpasangan. Antioksidan Merupakan Senyawa Yang Mampu Menunda Proses Oksidasi. Antioksidan Menyediakan Gugus- Gugus Yang Elektronnya Mudah Dicuri Sehingga Menyelamatkan Sel- Sel Lainnya. Antioksidan Diantaranya Terkandung Pada Rempah- Rempah Yang Digunakan Untuk Memasak. Rempah- Rempah Yang Sering Dipakai Ibu Rumah Tangga Dan Yang Mengandung Antioksidan Yang Cukup Tingi Adalah Cengkeh, Kayu Manis, Kunyit, Da Bawang Putih. Identifikasi Radikal Bebas Padaberbagai Jenis Minyak Menggunakan Resonansi Spin Elektron (ESR). Radikal Bebas Pada Minyak Jelantah Ditemukan Dengan Mengukur Harga Faktor-G Pada Saat Terjadi Impuls Resonansi Magnetik Simetris. Nilai Faktor-G Yang Didapatkan Akan Dibandingkan Dengan Literatur Untuk Mengetahui Jenis Dari Radikal Bebas Tersebut. Nilai Faktor G Yang Didapatkan Dari Kaliberasi DPPH Adalah Sebebsar 2,0036±0,002 Dengan Kesalahan Reltif Sebesar 0,1%. Apabila Dibandingkan Jumlah Radikal Bebas Yang Terdeteksi Pada Masing- Masing Minyak Maka Minyak Yang Paling Sedikit Mengandung Radikal Bebas Setelah Dipakai Untuk Menggoreng Adalah Minyak Kelapa Murni, Selanjutnya Minyak Sawit, Minyak Jagung Dan Yang Terakhir Adalah Minyak Biji Bunga Matahari. Jenis Radikal Bebas Yang Terdeteksi Adalah Jenis Radikal Bebas Karbon, Hidroksil, Peroksi, Alkoksi, Dan Hidrogen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2012/103/051200770
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Jul 2012 09:15
Last Modified: 22 Oct 2021 15:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152937
[thumbnail of gak_bolak-_balik.pdf]
Preview
Text
gak_bolak-_balik.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1-68.pdf]
Preview
Text
1-68.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of cover_ok.pdf]
Preview
Text
cover_ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item