Penampilan Produksi dan Kadar Kolesterol Kuning Telur Burung Puyuh Petelur dengan Suplementasi Tepung Buah Mengkudu (Morinda citrifolia L.) dalam Pakan

Palupi, Retno (2011) Penampilan Produksi dan Kadar Kolesterol Kuning Telur Burung Puyuh Petelur dengan Suplementasi Tepung Buah Mengkudu (Morinda citrifolia L.) dalam Pakan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini telah dilaksanakan pada tanggal 11 Maret sampai dengan 08 April 2011 di kandang milik Bapak Agus, desa Dayu, Nglegok, Blitar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung buah mengkudu (Morinda citrifolia L.) sebagai feed additive atau bahan pakan tambahan terhadap penampilan produksi dan kadar kolesterol kuning telur burung puyuh petelur. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 200 ekor burung puyuh petelur yang berumur 50 hari. Kandang yang digunakan untuk penelitian ini adalah kandang battery. Kandang yang digunakan berjumlah 20 buah berukuran 50 x 50 x 30 cm yang setiap petak diisi 10 ekor burung puyuh. Tiap petak dilengkapi dengan tempat pakan, nipple untuk minum, penampung ekskreta, dan penampung telur. Pakan basal yang digunakan dalam penelitian ini adalah pakan komplit jenis BP 104 yang diproduksi oleh PT. Charoen Pokphand Indonesia. Tepung buah mengkudu yang ditambahkan sebanyak 0% dalam pakan (P0), 1% dalam pakan (P1), 1,5 % dalam pakan (P2), 2% dalam pakan (P3), dan 2,5% dalam pakan (P4). Variabel yang diukur adalah konsumsi pakan, Hen Day Production (HDP), konversi pakan, dan kadar kolesterol pada kuning telur. Data konsumsi pakan, HDP, dan konversi pakan yang diperoleh dari penelitian ini diolah dengan menggunakan analisis ragam (ANOVA) dari Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 4 ulangan, masing-masing ulangan berisi 10 ekor burung puyuh. Perbedaan pengaruh antar perlakuan diuji dengan Uji Jarak Bergandan Duncan. Data analisis kadar kolesterol pada kuning telur dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan tepung buah mengkudu dalam pakan memberikan pengaruh yang berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap konsumsi pakan, HDP, dan konversi pakan. Namun penambahan tepung buah mengkudu berpengaruh terhadap penurunan kandungan kolesterol pada kuning telur. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penambahan tepung buah mengkudu dalam pakan tidak dapat memperbaiki penampilan produksi burung puyuh petelur, namun dapat menurunkan kadar kolesterol pada kuning telur burung puyuh petelur. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan disarankan untuk menambahkan tepung buah mengkudu sebanyak 2,5% dalam pakan burung puyuh petelur untuk menghasilkan telur puyuh yang rendah kolesterol.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2011/62/051103574
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 15 Feb 2012 09:04
Last Modified: 22 Oct 2021 09:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152892
[thumbnail of 051103574.pdf]
Preview
Text
051103574.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item