Penggunaan Metode Interpolasi Spasial Inverse Distance Weighted (IDW) Dan Thin-Plate Spline Pada Data Spasial

Ratnawati, SetyaniDwi (2011) Penggunaan Metode Interpolasi Spasial Inverse Distance Weighted (IDW) Dan Thin-Plate Spline Pada Data Spasial. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Interpolasi adalah suatu metode untuk menduga nilai pada lokasi-lokasi yang datanya tidak tersedia. Interpolasi pada data spasial mengasumsikan pada bentuk pemetaan suatu lokasi. Data spasial merupakan data yang memiliki referensi ruang kebumian (georeference) di mana berbagai data atribut terletak dalam berbagai unit spasial. Dalam menggali informasi pada data spasial dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik menggunakan peta, grafik, kontur maupun perhitungan secara statistik. Pada penelitian ini akan dipelajari bagaimana penggunaan atau penerapan metode Inverse Distance Weighted (IDW) dan Thin-Plate Spline pada data spasial. Pada metode Inverse Distance Weighted (IDW) kesamaan (hubungan korelasi) antar titik yang berdekatan sebanding dengan jarak spasialnya, sehingga dapat didefinisikan sebagai fungsi kebalikan jarak setiap titik dari titik yang berdekatan. Metode Thin-Plate Spline adalah generalisasi dari standar regresi linier multivariat yang model parametriknya digantikan oleh fungsi nonparametrik agar menghasilkan kurva yang halus. Pada penelitian ini digunakan data spasial kadar C-Organik tanah di Kabupaten Sampang dengan ukuran keakuratan model menggunakan nilai RMSE (Root Mean Square Error) dan MAE (Mean Absolute Error). Hasil interpolasi spasial Inverse Distance Weighted dengan parameter power 2, nilai RMSE dan MAE adalah sebesar 0,3104 dan 0,2492. Peta hasil prediksi pada data spasial kadar C-Organik tanah di Kabupaten Sampang dapat diinterpretasikan bahwa kadar C-Organik tanah di daerah tersebut tidak menyebar secara merata. Sedangkan hasil interpolasi spasial Thin-Plate Spline, memiliki nilai RMSE dan MAE adalah sebesar 0,4372 dan 0,3166. Untuk interpretasi pada data spasial dengan menggunakan metode interpolasi spasial Thin-Plate Spline menunjukkan bahwa Kabupaten Sampang adalah daerah yang memiliki tingkat kesuburan tanah rendah berdasarkan nilai kadar C-Organiknya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2011/189/051103087
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics > 519.5 Statistical mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 09 Aug 2011 09:34
Last Modified: 22 Oct 2021 07:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152644
[thumbnail of 051103087.pdf]
Preview
Text
051103087.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item