Kadar Malondialdehida (MDA), TNF- dan TGF-1 pada Tikus Rheumatoid Arthritis Pasca Terapi Fraksi Air Tanaman Tepung Otot (Stellaria saxatilis Buch-Ham)

AfidatulMujiAstui (2010) Kadar Malondialdehida (MDA), TNF- dan TGF-1 pada Tikus Rheumatoid Arthritis Pasca Terapi Fraksi Air Tanaman Tepung Otot (Stellaria saxatilis Buch-Ham). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rheumatoid arthritis (RA) merupakan salah satu penyakit autoimun yang ditandai adanya inflamasi kronis pada persendian sehingga diperlukan pengobatan RA yang aman dan tanpa efek samping secara jangka panjang. Salah satu obat tradisional yang diduga dapat mengobati RA adalah tanaman Tepung otot (Stellaria saxatilis Buch-Ham). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh fraksi air tanaman Tepung Otot (TO) untuk memperbaiki kondisi RA. Penelitian dilakukan menggunakan tikus putih (Rattus norvegicus strain Wistar) jantan yang dikondisikan menderita RA melalui injeksi CFA. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap faktorial dengan dua parameter yang diamati yaitu variasi dosis (750 dan 1000 mg/kg BB) dan variasi lama terapi (2 dan 4 minggu). Kadar Tumor Necrosis Factor Alpha (TNF-) dan Transforming Growth Factor Beta (TGF-ß1) dianalisis menggunakan metode Enzym Linked Imunosorbent Assay (ELISA), sedangkan kadar malondialdehida dianalisis dengan uji trichloro barbiturate acid (TBA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi fraksi air tanaman Tepung Otot mampu memperbaiki kondisi rheumatoid arthritis tikus model berdasarkan penurunan kadar MDA pada jaringan kaki dan penurunan kadar TNF- pada minggu ke-2 dan ke-4 pasca terapi. Pada minggu ke-2, kadar TGF-1 kelompok tikus yang diberi terapi mengalami peningkatan jika dibandingkan tikus RA. Kadar TGF-1 pada minggu ke-4 kadar mengalami penuruan. Terapi TO dosis 1000 mg/kg BB dan 750 mg/kg BB selama 1 bulan tidak bersifat toksik terhadap tikus model berdasarkan pengamatan histologi hati.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2010/70/051000628
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 17 Mar 2010 10:48
Last Modified: 27 Oct 2021 03:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152530
[thumbnail of 051000628.pdf]
Preview
Text
051000628.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item