Kandungan Oksalat Terlarut dan Tidak Terlarut dalam Umbi Dua Varian Porang (Amorphophallus muelleri Blume) di KPH Saradan, Jawa Timur pada Siklus Pertumbuhan Ketiga

RendraAjiSaputra (2010) Kandungan Oksalat Terlarut dan Tidak Terlarut dalam Umbi Dua Varian Porang (Amorphophallus muelleri Blume) di KPH Saradan, Jawa Timur pada Siklus Pertumbuhan Ketiga. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan oksalat terlarut dan oksalat tidak terlarut secara kuantitatif dalam umbi dua varian porang (A dan C) di KPH Saradan, Jawa Timur pada tiga periode pengamatan dalam siklus pertumbuhan ketiga. Perbedaan morfologi tanaman porang menjadi dasar pembagian tiga periode pengamatan, sedangkan siklus pertumbuhan ketiga diketahui dari jumlah percabangan tajuk. Umbi porang dengan berat yang relatif seragam dalam satu periode pengamatan dikupas, diparut, ditimbang. Parutan umbi porang tersebut selanjutnya dianalisis yang berbeda untuk kandungan oksalat terlarut dan tidak terlarut. Metode volumetri (titrasi) untuk menganalisis kandungan oksalat terlarut, sedangkan AAS untuk menganalisis kandungan oksalat tidak terlarut. Data kuantitatif kandungan oksalat terlarut dan tidak terlarut dianalisis dengan ANOVA ( = 5%) yang dilanjutkan dengan Uji Tukey. Kandungan oksalat terlarut dan tidak terlarut dalam umbi dua varian porang pada tiga periode pengamatan menunjukkan pola yang sama. Periode pengamatan kedua memiliki kandungan oksalat terlarut dan tidak terlarut yang tertinggi dibandingkan dua periode pengamatan lainnya. Sedangkan kandungan oksalat terlarut dan tidak terlarut yang terendah pada periode pengamatan pertama. Disamping itu, dalam umbi dua varian porang diketahui bahwa kandungan oksalat tidak terlarut lebih rendah dibandingkan kandungan oksalat terlarut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2010/48/051000606
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 18 Mar 2010 09:31
Last Modified: 27 Oct 2021 03:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152510
[thumbnail of 051000606.pdf]
Preview
Text
051000606.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item