Pengaruh Elisitor Ion Logam Al3+ dan Pb2+ Terhadap Kandungan Isoflavon Genistein dan Daidzein Pada Kalus Kedelai (Glycine max (L) Merr.)

MufidaturRosyidah (2010) Pengaruh Elisitor Ion Logam Al3+ dan Pb2+ Terhadap Kandungan Isoflavon Genistein dan Daidzein Pada Kalus Kedelai (Glycine max (L) Merr.). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Genistein dan daidzein adalah isoflavon estrogenik yang banyak terdapat pada kedelai (Glycine max (L) Merr., yang bermanfaat dalam mengurangi resiko osteoporosis. Secara alami kandungan genistein dan daidzein pada tanaman rendah sehingga diperlukan teknik alternatif untuk meningkatkan produksi genistein dan daidzein yaitu melalui elisitasi secara in vitro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis dan konsentrasi ion logam Al3+ dan Pb2+serta lama elisitasi terhadap pertumbuhan kalus dan kandungan genistein dan daidzein pada kalus kedelai. Kalus kedelai diinduksi dari akar kecambah kedelai pada medium Murashige-Skoog (MS) dengan penambahan 0,2 ppm kinetin dan 0,4 ppm 2,4-dichlorophenoxyacetic acid. Elisitasi kalus dilakukan dengan mengkultur kalus pada medium MS yang ditambah ion logam Al3+ dan Pb2+ dengan konsentrasi 0, 50, 150, dan 300 μM selama 4 dan 8 minggu. Kalus berumur 4 dan 8 minggu diamati pertumbuhannya dan dianalisis kandungan isoflavon dengan metode kromatografi lapis tipis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan ion logam Al3+ dan Pb2+ pada medium menghambat pertumbuhan kalus, namun meningkatkan kandungan isoflavon genistein dan daidzein pada kalus. Pertumbuhan terendah ditunjukkan oleh kalus yang dikultur pada medium dengan penambahan Pb2+ 300 M. Penambahan ion logam Al3+ 150 M menunjukkan peningkatan kandungan genistein dan daidzein tertinggi dibandingkan perlakuan Al3+ yang lain. Kandungan genistein yang paling tinggi dihasilkan oleh kalus dengan perlakuan ion logam Pb2+ pada konsentrasi 150 M, sedangkan kandungan daidzein tertinggi terdapat pada kalus dengan perlakuan ion logam Pb2+ pada konsentrasi 50 M. Kandungan genistein dan daidzein kalus pada lama elisitasi 4 minggu lebih tinggi dibandingkan lama elisitasi 8 minggu.

English Abstract

Genistein and daidzein are known as estrogenic isoflavone found in soybean (Glycine max (L) Merr. They have advantages to reduce effect of cardiovascular deases, osteoporosis and post-menopause syndrome. Those isoflavons are kind of secondary metabolite so that content naturally is low. For this reason it is important to develop an alternative technique increasing genistein and dzidzein content through in vitro elicitation of plant. The aims of this reseach were to evaluate the effect of ion Al3+ and Pb2+ and their concentrations and also elicitation period on callus growth and genistein and daidzein content on soybean callus. Callus was induced from root tip of three days old soybean seedling cultured on MS medium+ 2,4-D 0.4 ppm + kinetin 0.2 ppm. Elicitation of callus was done by culturing callus on treatment medium containing metal ion with 0, 50, 150, and 300 μM) at 4 and 8 weeks elicitation periods. Callus growth was observed on 4 and 8 weeks old then genistein and daidzein content was analyzed using Thin Layer Cromatography. Result of this reseach showed that adding of metal ion to the culture medium inhibit callus growth, but it was increasing genistein and daidzein content. The lowest growth of callus was shown on calluse cultured in medium with adding of Pb2+ 300 M. The highest genistein content found in callus which gived Pb2+ ion at concentration 150 M, but callus was cultured in medium with adding of Pb2+ 50 M has the highest genistein content. Genistein and daidzein content of soybean callus was higher in 4 weeks old than 8 weeks old.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2010/374/051001060
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 19 Apr 2010 10:35
Last Modified: 22 Oct 2021 06:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152493
[thumbnail of 051001060.pdf]
Preview
Text
051001060.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item