FaridJauhari (2010) Pembentukan Depth Map Dengan Algoritma Graph Cuts Untuk Pemodelan 3D. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pembentukan depth map adalah salah satu cara yang paling menentukan dalam pemodelan 3 dimensi (3D) dari gambar 2 dimensi (2D), karena depth map merupakan informasi kedalaman dari gambar 2D. Banyak penelitian tentang pengubahan gambar 2D menjadi obyek 3D dengan berbagai metode. Dalam skripsi ini dibangun sebuah aplikasi untuk pemodelan 3D menggunakan algoritma graph cuts dengan pendekatan energi (energy-based) untuk menghasilkan depth map dari 6 buah citra input, dan memodelkan depth map ke dalam domain 3D. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah kalibrasi kamera, pembentukan depth map, dan pemodelan 3D. Kalibrasi kamera bertujuan untuk mendapatkan parameter intrinsik dan ekstrinsik kamera yang digunakan untuk menentukan titik-titik korelasi pada saat proses pembentukan depth map. Pembentukan depth map dilakukan dengan membandingkan konfigurasi kedalaman dengan nilai kedalaman tertentu, proses perbandingan tersebut dilakukan dengan meminimasi energi dengan algoritma graph cuts. Persamaan energi yang digunakan adalah energi data dan smoothness. Pembentukan model 3D menggunakan metode triangle mesh menggunakan OpenGL. Hasil uji coba dan evaluasi menunjukkan bahwa depth map yang dihasilkan tidak cukup baik yaitu mempunyai rata-rata kesalahan 43.3% dan MSE 36.99. Rata-rata waktu pemrosesan secara keseluruhan adalah 310.03 detik dengan ukuran citra 320x240 dan lingkungan perangkat keras Intel Core2duo 2GHz dan RAM 2GB.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/MIPA/2010/344/051100181 |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 518 Numerical analysis > 518.1 Algorithms |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 14 Feb 2011 09:37 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 06:45 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152481 |
Preview |
Text
051100181.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |