Penggunaan Jarak Manhattan, Euclidean dan Chebyshev dalam Memaksimalkan Nilai Preferensi pada Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS)

WijiWahyuni (2010) Penggunaan Jarak Manhattan, Euclidean dan Chebyshev dalam Memaksimalkan Nilai Preferensi pada Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

TOPSIS merupakan salah satu teknik untuk menyelesaikan masalah multikriteria yang berkonsep pada pemilihan alternatif terbaik berdasarkan jarak terdekat dari solusi ideal positif dan jarak terjauh dari solusi ideal negatif. Solusi ideal positif adalah nilai maksimal yang dapat dicapai untuk kriteria keuntungan dan nilai minimal yang dapat dicapai untuk kriteria biaya, sedangkan solusi ideal negatif adalah nilai maksimal yang dapat dicapai untuk kriteria biaya dan nilai minimal yang dapat dicapai untuk kriteria keuntungan. Selain itu, nilai preferensi tertinggi dari suatu alternatif juga menjadi dasar untuk memilih alternatif terbaik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari kontribusi jarak Manhattan, Euclidean dan Chebyshev dalam mengukur kedekatan antara alternatif dengan solusi ideal serta jarak yang mampu memaksimalkan nilai preferensi pada TOPSIS. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kontribusi jarak Manhattan dalam mengukur kedekatan antara alternatif dengan solusi ideal memberikan nilai terbesar. Dari keempat data yang digunakan, jarak Manhattan lebih mampu memaksimalkan nilai preferensi dibandingkan dengan jarak Euclidean. Di sisi lain tidak menutup kemungkinan bahwa jarak Chebyshev juga mampu memaksimalkan nilai preferensi pada TOPSIS karena selisih rata-rata persentase kontribusi jarak Manhattan dengan Chebyshev dalam memaksimalkan nilai preferensi pada TOPSIS hanya 10%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2010/306/051003678
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics > 519.5 Statistical mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 16 Dec 2010 09:39
Last Modified: 22 Oct 2021 06:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152446
[thumbnail of 051003678.pdf]
Preview
Text
051003678.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item