Sistem Pakar Pengenalan dan Perbaikan Kerusakan Handphone

Suharmono (2010) Sistem Pakar Pengenalan dan Perbaikan Kerusakan Handphone. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kerusakan handphone sering terjadi karena lemahnya kekuatan dari komponen hardware. Komponen dirancang dengan model dan ukuran kecil tetapi mempunyai teknologi yang semakin canggih. Untuk mempermudah seorang teknisi dalam mengenali kerusakan dan mengetahui solusi perbaikan kerusakan komponen maka perlu dikembangkan teknologi komputer yang layaknya bekerja seperti seorang pakar. Teknologi ini disebut Sistem Pakar Pengenalan dan Perbaikan Kerusakan Handphone. Metode yang dipakai dalam hal ini adalah metode forward chaining yang mana memulai pencarian dari premis ( klausa if ) sampai menuju pada konklusi ( klausa then ). Proses pencarian dimulai dari penentuan gejala sampai ditemukan kerusakan beserta solusi perbaikannya. Pembuatan aplikasi ini mempunyai dua bagian utama yang dibutuhkan yaitu basis pengetahuan dan mesin inferensi. Basis pengetahuan berisi aturan – aturan dari pakar. Dari basis pengetahuan tersebut dibangun suatu mesin inferensi untuk melakukan penelusuran fakta – fakta baru yang akan dicari kesimpulannya. Sistem ini diharapkan dapat mengenali kerusakan beserta memberikan solusi perbaikan handphone secara dini. Hasil pengujian 30 kasus pada program dan perhitungan uji chisquare menunjukkan terdapat kesesuaian hasil antara pakar dengan program. Untuk perhitungan prosentase, diperoleh nilai keakuratan 86.7%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2010/282/051003249
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2010 09:38
Last Modified: 22 Oct 2021 02:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152423
[thumbnail of 051003249.pdf]
Preview
Text
051003249.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item