Analisis avalanche effect terhadap algoritma kriptografi data encryption standard (DES) dan advance encryption standard (AES) dalam enkripsi data

ToniRizaPahlevi (2009) Analisis avalanche effect terhadap algoritma kriptografi data encryption standard (DES) dan advance encryption standard (AES) dalam enkripsi data. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemilihan aplikasi yang berhubungan dengan keamanan informasi merupakan tanggung jawab yang penting untuk setiap sistem informasi elektronik, salah satu cara untuk menjaga keamanan informasi adalah dengan cara kriptografi. Kriptografi adalah ilmu yang mempelajari teknik-teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi seperti kerahasiaan dan integritas data. Dua jenis algoritma kriptografi antara lain Data Encrytion Standard (DES) dan Advance Encryption Standard (AES). Algoritma kriptografi ini menggunakan langkah-langkah matematika untuk merubah informasi menjadi chiper dan juga mengubah chiper tersebut kembali ke bentuk aslinya. Penelitian ini akan melakukan uji coba tentang besar nilai Avalanche Effect dari algoritma kriptografi DES dan AES. Setelah dilakukan uji coba secara berulang-ulang didapatkan hasil bahwa algoritma kriptografi AES memiliki nilai rata-rata Avalanche Effect yang lebih besar daripada algoritma kriptografi DES. Pada uji coba pertama AES mampu menghasilkan nilai rata-rata Avalanche Effect sebesar 50% sedangkan DES 22%. Pada uji coba kedua AES mampu menghasilkan nilai rata-rata Avalanche Effect sebesar 20% sedangkan DES 8%. Hal ini menunjukkan bahwa algoritma kriptografi AES memiliki nilai Avalanche Effect yang lebih baik daripada algoritma kriptografi DES.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2009/79/050900626
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 10 Mar 2009 08:35
Last Modified: 22 Oct 2021 02:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152358
[thumbnail of 050900626.pdf]
Preview
Text
050900626.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item