Simulasi tsunami menggunakan Tunami -N2 untuk identifikasi sebaran daerah terimbas tsunami sebagai sarana mitigasi : studi kasus : Utara Jawa Timur - Bali

Rohim, Fatkhur (2009) Simulasi tsunami menggunakan Tunami -N2 untuk identifikasi sebaran daerah terimbas tsunami sebagai sarana mitigasi : studi kasus : Utara Jawa Timur - Bali. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tsunami adalah fenomena alam yang menyatakan suatu gelombang laut yang terjadi akibat gempabumi (tektonik, vulkanik, benda angkasa yang jatuh) di dasar laut. Tsunami mempunyai tinggi gelombang maksimum yang mencapai pantai sekitar 4 – 24 meter. Tsunami dapat menyebabkan banyaknya kerusakan termasuk mengancam keselamatan jiwa manusia dan material yang berada di sekitarnya. Salah satu cara untuk mengurangi efek dari tsunami adalah dengan mengantisipasi bencana yaitu dengan simulasi tsunami. Data yang digunakan adalah data yang berasal dari studi literatur dari database-online USGS dan Global CMT untuk data seismisitas serta WinITDB dan NOAA untuk data tsunami. Dalam penelitian ini menggunakan TUNAMI – N2 yang dilengkapi dengan kode TUNAMI yang digunakan untuk mensimulasikan tsunami sehingga dapat digunakan untuk mengidentifikasi seberapa besar sebaran daerah yang terimbas tsunami di utara Jawa Timur - Bali. Hasil yang didapatkan dari TUNAMI – N2 berupa tampilan simulasi yaitu deformasi area, run up maksimum secara regional dan sebaran gelombang tsunami yang akan mengimbas daerah-daerah yang berada di area Jawa Timur – Bali.

English Abstract

Tsunami is a natural phenomena, that form as heavy sea wave that are caused by earthquake (tectonic, volcanic, downfall of space things) in sea bed. Tsunami has elevation range between 4 - 24 meters. Tsunami could cause larger damages including human life and material thing. One of the ways to decrease the tsunami effects is to anticipate the disaster by tsunami simulation. Data that is used in this study are secondary data which are from USGS and Global CMT to get seismic data and WinITDB and NOAA to get tsunami data. In this research, I use TUNAMI – N2 that consists of TUNAMI code which used tsunami simulation so it can be used to identify how big affected area at northern East Java – Bali. The obtained simulation result from TUNAMI – N2 is deformation, maximum regional run up and spreading tsunami wave that will affect area located in northern East Java – Bali.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2009/372/050901594
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 08 Jun 2009 10:32
Last Modified: 22 Oct 2021 07:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152317
[thumbnail of 050901594.pdf]
Preview
Text
050901594.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item