Studi Perancangan Karet Peredam (Rubber Bushing) pada Batang Traksi untuk Dipakai pada Bogie Tipe Poros Tunggal di Kereta Api (Rail Bus)

AfidAshari (2009) Studi Perancangan Karet Peredam (Rubber Bushing) pada Batang Traksi untuk Dipakai pada Bogie Tipe Poros Tunggal di Kereta Api (Rail Bus). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tingginya ketergantungan akan produk impor dapat berdampak pada tingginya biaya produksi kereta api di PT. INKA. Salah satu upaya untuk menguranginya adalah dengan menggantikan produk impor dengan produk dalam negeri, sebagai contoh adalah rubber bushing. Dalam mensubstitusi rubber bushing, perlu adanya kemampuan dalam membuatnya sehingga penelitian akan pembuatan rubber bushing sangat dibutuhkan. Manfaat dari hasil penelitian ini adalah untuk dijadikan titik awal dalam upaya mensubtitusi rubber bushing di dalam negeri. Banyak keuntungan akan adanya kemampuan dalam memproduksinya, diantaranya adalah cepatnya waktu pengiriman dibandingkan produk impor dan harga yang relatif lebih kecil dengan kualitas yang dapat bersaing. Spesimen karet dibuat dengan mengacu pada ketentuan di PT. INKA meliputi sifat kekerasan, pampatan tetap, deformasi pada pampatan 6000 Kgf, dan perpanjangan tetap. Pada penelitian ini digunakan spesimen karet dengan komponen utama yaitu karet alam (NR) jenis RSS 1 dengan penambahan filler penguat carbon black ISAF sebesar 50 phr, dan menggunakan sistem vulkanisasi konvensional dengan sulfur 2,5 phr dan santocure. NS 0,6 phr. Spesimen karet tersebut memiliki sifat yang sangat mendekati dengan spesimen karet yang digunakan di PT. INKA sehingga dapat dikatakan layak dan bisa direkomendasikan untuk digunakan dalam pembuatan rubber bushing. Deformasi torsional dari rubber bushing sesuai dengan ketentuan di PT. INKA, akan tetapi deformasi radialnya terlalu besar. Besar deformasi radial ini disebabkan oleh bentuk kern axle dari rubber bushing yang memiliki luas penekan yang sangat kecil pada pengujian deformasi radial. Sehingga perlu adanya modifikasi bentuk kern axle untuk memperkecil nilai deformasi radial yaitu dengan memperluas bidang penekan pada gaya radial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2009/304/050903369
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 24 Nov 2009 09:40
Last Modified: 22 Oct 2021 07:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152264
[thumbnail of 050903369.pdf]
Preview
Text
050903369.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item