Penerapan algoritma runut-balik (backtracking) pada pewarnaan dan keisomorfikan Graf

FransiskaRetnoWidiyanti (2009) Penerapan algoritma runut-balik (backtracking) pada pewarnaan dan keisomorfikan Graf. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini dibahas penerapan Algoritma Runut-Balik pada pewarnaan dan keisomorfikan graf. Pewarnaan graf menggunakan Algoritma Runut-Balik dilakukan dengan mencoba semua kemungkinan warna untuk setiap titik. Dengan menggunakan Algoritma ini dapat diperoleh bilangan kromatik dari graf tersebut. Algoritma Runut-Balik juga bisa digunakan untuk mencari keisomorfikan graf yaitu dengan mencari pasangan titik yang berkorespondensi dengan titik pada graf lainnya. Jika semua titik pada kedua graf saling berkorespondensi maka kedua graf tersebut saling isomorfik. Pada pembahasan skripsi ini ditunjukkan aplikasi dari pewarnaan graf yaitu pada permainan Mini Sudoku, suatu permainan dengan setiap puzzle terdiri dari kotak 4x4 atau kotak 6x6 yang berisi petunjuk berupa angka yang diberikan di berbagai tempat. Sementara itu aplikasi dari keisomorfikan pada graf digunakan untuk menentukan isomer senyawa hidrokarbon.

English Abstract

In this minor thesis has discussed the implementation of Backtracking Algorithm in the graph coloring and graph isomorphic. Graph coloring using backtracking algorithm done with trying all possible colors for each vertex. By using this algorithm can be obtained the chromatic number from the graph. Backtracking Algorithm can be used for graph isomorphic done with searching for the pair vertex coresspondens with the other vertex on the graph. If all the vertex on graph coresspondens then graph are isomorphic. In this discussion of this minor thesis indicated application of graph coloring on the Mini Sudoku game, a game with each puzzle consists of 4x4 or 6x6 boxes that contain a number of instructions are given in various place. Eventhough the application of graph isomorphic used to determine the isomer compound hydrocarbon.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2009/254/050902605
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 04 Sep 2009 09:40
Last Modified: 22 Oct 2021 06:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152214
[thumbnail of 050902605.pdf]
Preview
Text
050902605.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item