Identifikasi Perubahan Viskositas Minyak Pelumas Kendaraan Bermotor Berbahan Bakar Bensin sebagai Dasar Pembuatan Alat Ukur Viskositas yang sederhana dan Layak Guna

FikriSulthoni (2009) Identifikasi Perubahan Viskositas Minyak Pelumas Kendaraan Bermotor Berbahan Bakar Bensin sebagai Dasar Pembuatan Alat Ukur Viskositas yang sederhana dan Layak Guna. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kondisi minyak pelumas sangat mempengaruhi efisiensi dan efektifitas kinerja mesin kendaraan bermotor. Salah satu perameter penting yang digunakan untuk mengetahui kualitas minyak pelumas adalah viskositas. Jarak tempuh dan waktu pemakaian yang digunakan sebagai pedoman penggantian minyak pelumas mesin dirasakan masih kurang akurat. Maka diperlukan alat ukur viskositas yang mudah digunakan oleh pemilik kendaraan. Penelitian ini menghasilkan alat ukur viskositas yang sederhana dan mudah digunakan. Melalui media kaca datar dan polos, peneliti memanfaatkan gaya gravitasi dengan mengukur waktu yang ditempuh minyak pelumas meleber pada kaca yang dipasang vertikal. Sampel minyak yang dipakai adalah minyak pelumas mesin 4-tak jenis SAE 20W-50. Alat ini peneliti namakan OS-Viskometer. Dari hasil uji coba alat, minyak pelumas dikatakan masih dalam kondisi baik jika diukur dengan menggunakan OS-Viskometer akan meleber lebih dari 58,3 ± 1,7 detik pada jarak 3 cm. Jika dengan OS-Viskometer minyak pelumas meleber dalam waktu kurang dari 43,9 ± 0,8 detik pada jarak yang sama, maka minyak pelumas telah tidak layak pakai.

English Abstract

Eviciencies and efectiveness machine works depands on oil lube condition. The most important thing to shown oli quality is viscosity. How far and how long the oil lube need to be replace with the new ones are still confusing. So that, the motors owner need to have some viscosity tester. On this research, viscosity tester are successfully made. Its simple and usefull. Its made from flat glass. By calculating how long the oil flows on vertical glass, they can suggest its condition. If its flows longer than 58,3 ± 1,7 seconds within 3 cm space, the oil are still on good condition. And, if its need less than 43,9 ± 0,80 seconds, the oil must to be replaced. Unfortunately, this tester only used for SAE 20W-50 gasoline motor oil type. Its named OS-Viscometer.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2009/247/050902467
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 03 Sep 2009 13:56
Last Modified: 22 Oct 2021 06:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152207
[thumbnail of 050902467.pdf]
Preview
Text
050902467.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item