The Comparison of discrete sine transform (dst) and principle component analysis (pca) to reduce variable in cluster analysis in microarray data

PrimaAdityawardani (2009) The Comparison of discrete sine transform (dst) and principle component analysis (pca) to reduce variable in cluster analysis in microarray data. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Microarray merupakan teknologi percobaan baru dalam mempelajari gen dengan mengukur aktivitas atau tingkat ekspresi gen-gen pada waktu yang berbeda-beda. Masalah utama dalam analisis microarray adalah banyaknya peubah pada data microarray , di mana peubah-peubah tersebut saling berkorelasi. Untuk mengekstraksi komponen penting data dan sebagai analisis sebelum melakukan pengelompokan, teknik pereduksian peubah seperti Discrete Sine Transform (DST) dan Analisis Komponen Utama (AKU) sangat penting dilakukan. Untuk mengetahui perbandingan kedua metode tersebut, digunakan dua data penelitian, yaitu data gen jamur yang sedang bersporulasi dan data respon gen pada akar Arabidopsis terhadap Systemic Acquired Resistance (SAR). Setelah mereduksi peubah asal, kemudian dilakukan analisis kelompok. Berdasarkan nilai Cluster Tightness Measure (CTM) kedua metode yang hampir sama, maka dapat disimpulkan bahwa DST dan AKU dapat digunakan untuk mereduksi peubah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2009/208/050902246
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 14 Aug 2009 10:07
Last Modified: 22 Oct 2021 06:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152166
[thumbnail of 050902246.pdf]
Preview
Text
050902246.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item