Regresi k-Nearest Neighbor Sebagai Model Prediksi Nilai Peubah Respon Kategori : studi kasus Pemilu Presiden 2009 di Desa Sidomulyo Batu Malang

NurElisaIstiana (2009) Regresi k-Nearest Neighbor Sebagai Model Prediksi Nilai Peubah Respon Kategori : studi kasus Pemilu Presiden 2009 di Desa Sidomulyo Batu Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Analisis regresi merupakan metode statistika yang memanfaatkan hubungan antara dua peubah atau lebih sehingga dimungkinkan untuk mendapatkan prediksi peubah respon dari peubah penjelasnya. Jika dalam suatu permasalahan regresi terdapat peubah respon kategori dengan galat model tidak menyebar normal, maka untuk menganalisis bentuk hubungan antara kedua peubah tersebut dapat dilakukan melalui pendekatan nonparametrik. Salah satu metode nonparametrik yang dapat digunakan adalah regresi k- Nearest Neighbor. Ide dasar regresi k-Nearest Neighbor adalah memprediksi nilai peubah respon berdasarkan parameter k, yaitu banyaknya data training yang mempunyai jarak paling dekat dengan obyek yang akan ditentukan kategorinya. Penentuan kategori peubah respon dilakukan secara voting mayoritas pada anggota k-tetangga terdekat. Pemilihan k yang baik dapat menentukan ketepatan prediksi yang dihasilkan oleh regresi ini. Penentuan nilai k optimal dapat dilakukan dengan metode Cross validation. Dalam penelitian ini digunakan data primer mengenai Pemilu Presiden di Desa Sidomulyo, dengan peubah respon pasangan Presiden-Wakil Presiden terpilih dan peubah prediktor sebagai berikut: Kelas Sosial Ekonomi, Penilaian kesejahteraan individu, Partai Politik yang dipilih pada kursi DPR RI pada pemilu 2004 dan 2009 dan Calon Presiden favorit pilihan responden. Setelah analisis dilakukan didapatkan bahwa model regresi k-Nearest Neighbor terbaik dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan k = 4. Peubah prediktor yang paling mempengaruhi masyarakat Desa Sidomulyo dalam memilih pasangan Presiden-Wakil Presiden adalah tokoh calon Presiden favorit masing- masing individu. Dari hasil pemodelan didapatkan bahwa pasangan Presiden-Wakil Presiden yang paling banyak dipilih oleh masyarakat Desa Sidomulyo adalah SBYBudiono dengan ketepatan prediksi sebesar 99, 24%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2009/190/050902187
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 10 Aug 2009 11:53
Last Modified: 22 Oct 2021 06:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152147
[thumbnail of 050902187.pdf]
Preview
Text
050902187.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item