Recommender System menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) : studi kasus Pemilihan Program Studi di Universitas Brawijaya

Nuraini (2009) Recommender System menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) : studi kasus Pemilihan Program Studi di Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kasus pemilihan jurusan atau program studi kuliah bukanlah urusan yang mudah. Banyak faktor atau kriteria yang harus diperhitungkan dan dipikirkan dengan masak. Memilih secara tergesa-gesa tanpa memperhitungkan segala aspek akan berakibat fatal mulai dari kesadaran yang terlambat bahwa program studi yang diambil tidak sesuai dengan kepribadian, sampai akhirnya pada tahap drop out (DO) atau dikeluarkannya seorang mahasiswa atau mahasiswi karena dinyatakan tidak mampu mengikuti pendidikan yang diikutinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan metode Analythic Hierarchy Process (AHP) dalam perancangan recommender system untuk memberikan rekomendasi alternatif terbaik dari suatu permasalahan khususnya studi kasus yang sedang diteliti. Implementasi metode AHP dalam recommender system ini menggunakan skala penilaian 0-9 (skala AHP) dalam pemberian nilai pertimbangan terhadap relatif pentingnya suatu indikator di atas yang lainnya, berkenaan dengan suatu sifat elemen yang sama. Kriteria yang digunakan dalam penerapan implementasi terhadap kasus pemilihan program studi adalah kriteria aspek pribadi, aspek dukungan dan aspek informasi. Kemudian dilakukan pengujian terhadap hirarki analisa permasalahan yang telah dimasukkan ke dalam sistem dengan responden adalah mahasiswa Universitas Brawijaya angkatan 2007 yang masih aktif pada semester genap tahun ajaran 2007/2008. Pengujian dilakukan dengan mencocokkan hasil yang diberikan oleh sistem dengan alternatif riil (program studi) yang sedang dijalani oleh responden saat dilakukan pengujian. Berdasarkan hasil uji coba diketahui bahwa tingkat kesesuaian antara hasil yang diberikan oleh sistem dengan program studi (alternatif riil) responden sebesar 65% dari jumlah sampel penelitian yang telah ditentukan yaitu sebanyak 144 responden. Sehingga disimpulkan bahwa metode AHP dapat digunakan untuk memberikan rekomendasi alternatif pemilihan program studi di perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2009/19/050900261
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 13 Feb 2009 09:01
Last Modified: 22 Oct 2021 06:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152146
[thumbnail of 050900261.pdf]
Preview
Text
050900261.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item