Automated Pretreatment System untuk Pemekatan dan Penentuan Ion Tembaga(II) dalam Perairan Menggunakan Kitosan Bertautan Silang

LukyParamitaHayu (2009) Automated Pretreatment System untuk Pemekatan dan Penentuan Ion Tembaga(II) dalam Perairan Menggunakan Kitosan Bertautan Silang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ion tembaga(II) dalam sampel lingkungan biasanya terdapat dalam kadar yang sangat rendah. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode pemekatan dan penentuan yang sensitif. Salah satunya adalah dengan ekstraksi fase padat menggunakan kitosan bertautan silang (CCTS) sebagai fase diam dan asam nitrat sebagai eluen yang dikombinasikan dengan sistem on-line . Pada penelitian ini, kitosan dimodifikasi dahulu dengan ethylene glycol diglycidyl ether (EGDE) untuk memperoleh CCTS, yang kemudian diletakkan dalam kolom mini dan dipasangkan pada alat Automated Pretreatment System . Konsentrasi eluat yang diperoleh diukur dengan spektrofotometer serapan atom. Parameter yang mempengaruhi adsorpsi seperti pH adsorpsi, konsentrasi eluen, volume eluen, laju alir sampel dan eluen, telah diteliti. Besarnya faktor pemekatan dan uji removal matriks juga telah diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CCTS dapat menyerap ion tembaga(II) secara optimum pada pH 6 dengan laju alir sampel 20 μl/s, konsentrasi HNO3 optimum untuk desorpsi sebesar 1 M dengan laju alir eluen 30 μl/s dan volume eluen sebesar 5 mL. Kapasitas adsorpsi CCTS untuk ion tembaga(II) adalah 44,22 mg/g. Kitosan berikatan silang juga menghasilkan faktor pemekatan yang tinggi dan tidak dapat menyerap ion alkali dan alkali tanah. Metode ini juga diterapkan untuk penentuan ion tembaga(II) dalam berbagai sampel air dengan hasil yang baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2009/140/050901628
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 08 Jun 2009 09:47
Last Modified: 22 Oct 2021 06:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152098
[thumbnail of 050901628.pdf]
Preview
Text
050901628.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item