Suatu Studi Kasus Pengaruh Nilai Konduktivitas Bahan Dari Limbah Hasil Balur Terhadap Arus Grounding Pada Proses Pembaluran

PriscaPuriWulansari (2009) Suatu Studi Kasus Pengaruh Nilai Konduktivitas Bahan Dari Limbah Hasil Balur Terhadap Arus Grounding Pada Proses Pembaluran. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Metode balur bertujuan untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Pada proses pembaluran ini digunakan sistem grounding, diindikasikan bahwa radikal bebas yang mengandung muatan listrik keluar dari tubuh karena ditarik oleh bahan balur, unsur tersebut akan menumbuk lempeng tembaga dan kemudian mengalir sebagai arus ke bumi. Dari proses pembaluran dihasilkan limbah balur, sejauh ini belum diketahui limbah tersebut memiliki nilai konduktivitas atau tidak dari data data nilai tersebut maka dapat ditentukan sifat bahannya. Penelitian ini belum pernah dilakukan sebelumnya, sehingga perlu adanya penelitian yang bertujuan untuk mengetahui nilai arus grounding, nilai konduktivitas, serta sifat bahan dari limbah pada proses balur. Pengukuran arus grounding pada setiap tahap pembaluran dilakukan dengan menggunakan I-V konverter sedangkan penentuan nilai konduktivitas digunakan sistem pengukuran dengan jembatan wheatstone. Langkah terakhir, yaitu menganalisa data dari nilai konduktivitas, kemudian membandingkan kuantitas unsur kandungan logam dari limbah terhadap nilai konduktivitasnya serta melihat pengaruhnya terhadap arus grounding yang dihasilkan. Hasil dari penelitian ini adalah nilai konduktivitas berkisar 10 -11 1/ohm.cm hingga 10-9 1/ohm.cm. Arus grounding disebabkan adanya suatu mobilitas elekton dari ground ke meja tembaga. Pada pembaluran kesatu diperoleh Igrounding dengan range 0.118-0.802μA, pembaluran ketiga antara 0.160-0.940μA Kenaikan arus disebabkan oleh adanya interaksi antara unsur logam dengan meja tembaga, adanya fungsi fisiologis dari tubuh pasien itu sendiri, dan kemungkinan adanya faktor lain yang belum teridentifikasi dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2009/118/050901446
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 14 May 2009 08:53
Last Modified: 22 Oct 2021 06:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152072
[thumbnail of 050901446.pdf]
Preview
Text
050901446.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item