Aplikasi Analisa Probabilistic Neural Network untuk Memetakan Penyebaran Reservoar Batu Pasir di Formasi Gumai (Sand-11, Sand-12), Lapangan Azuni, Blok Jabung, Cekungan Sumatra Selatan

JokoWiyono (2009) Aplikasi Analisa Probabilistic Neural Network untuk Memetakan Penyebaran Reservoar Batu Pasir di Formasi Gumai (Sand-11, Sand-12), Lapangan Azuni, Blok Jabung, Cekungan Sumatra Selatan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Lapangan Azuni terletak di blok Jabung, cekungan Sumatra Selatan. Lapangan ini telah ditemukan dan sudah memproduksi minyak dari Formasi Talang Akar Bawah (FTAB) pada tahun 2006. Terdapat dua reservoar utama di lapangan ini, FTAB sebagai reservoar minyak di bagian bawah, dan formasi Gumai yang terletak di lapisan atas yang berpotensial sebagai reservoar gas. Formasi Gumai relatif tebal yang mengindikasikan lingkungan pengendapan laut dangkal, dari penampang seismik memperlihatkan bahwa interval ini terdiri dari peak dan through yang mengindikasikan bahwa reservoar di Gumai ini terdiri dari sand dan shale . Untuk membuat peta penyebaran reservoar Gumai, analisa probabilistic neural network (PNN) berdasarkan data multi-atribut menggunakan data seismik 3D PSTM dan 14 sumur telah dilakukan penelitian. Berdasarkan analisa cross plot , sand dan shale dapat dibedakan dari log densitas. Sebuah pendekatan statistik, meliputi analisa multi-atribut dan PNN digunakan untuk mendapatkan hubungan antara atribut seismik dan log densitas. Hasil tersebut akan digunakan untuk membuat pseudo density pada masing – masing trace seismik. Hasil dari analisa tersebut mengindikasikan bahwa 4 atribut menunjukkan korelasi yang cukup tinggi sebesar 0.86 dari log densitas yang terdapat di lapangan tersebut. Metode ini menghasilkan penyebaran dan orientasi sand konsisten dengan data sumur. Dengan demikian metode PNN ini telah berhasil untuk menentukan penyebaran sand-11 dan sand-12 di formasi Gumai. Di masa yang akan datang penelitian ini dapat menjadi acuan dalam pengembangan selanjutnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2009/103/050901212
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 22 Apr 2009 10:08
Last Modified: 22 Oct 2021 06:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152058
[thumbnail of 050901212.pdf]
Preview
Text
050901212.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item