Perancangan dan Pembuatan Perangkat Transesterifikasi untuk Produksi Biodiesel menggunakan Gelombang Mikro

AslamaApriyanto (2008) Perancangan dan Pembuatan Perangkat Transesterifikasi untuk Produksi Biodiesel menggunakan Gelombang Mikro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Biodiesel merupakan salah satu sumber energi alternatif pengganti solar yang telah dilakukan dengan mengeksplorasi sumber bahan bakar dari minyak nabati. Biodiesel bersifat terbaharukan dan ramah lingkungan. Eksplorasi biodiesel banyak dilakukan dengan menggunakan proses transesterifikasi. Pemanfaatan gelombang mikro sebagai pembangkit panas untuk proses transesterifikasi belum banyak dilakukan, padahal pemanfaatan gelombang mikro dapat mempercepat waktu proses transesterifikasi. Hal ini disebabkan masih dalam taraf pengembangan. Penelitian ini bertujuan merancang dan membuat perangkat transesterifikasi menggunakan gelombang mikro dengan aliran kontinu, serta menganalisa pengaruh daya dan katalis terhadap bahan pada proses transesterifikasi agar dapat diketahui proses pemanasan yang lebih cepat dan lebih baik. Perangkat transesterifikasi ini dibuat dengan memanfaatkan dua buah oven microwave dengan daya output maksimum 1600 W.Radiasi gelombang mikro yang dipancarkan oleh magnetron menunjukkan peningkatan suhu terhadap bahan dan suhu yang terukur pada tiap posisi cukup optimal, sehingga dapat digunakan untuk proses transesterifikasi. Pengaruh daya dan katalis mampu memberikan peningkatan suhu yang lebih cepat dimana semakin besar daya dan semakin banyak penambahan katalis yang digunakan pada proses transesterifikasi terbukti menghasilkan proses pemanasan yang lebih cepat. Hasil proses transesterifikasi juga memberikan perubahan pada bahan, yaitu terjadinya proses separasi terhadap bahan yang terdiri dari minyak biodiesel dan gliserin.

English Abstract

Biodiesel oil is one of an alternative energy source that substituting diesel fuel which have been done by explorating a fuel source from vegetation oil. Biodiesel oil have a renewable characteristic and harmless for environment. Transesterification process often used in biodiesel oil exploration. The microwave usage as heat generator for transesterification process was seldom used, though it can accelerate the time in transesterification process. This problem because of it’s still in development levels. This research goals are developing a transesterification device with continues flow using microwave irradiation, and also analyzing the influence of power and catalyst addition to the materials at transesterification process, so it can be known which heating process is better. The transesterification device using two microwave oven with maximum output energy is 1600 W. Microwave radiation, which is transmitted by magnetron inside the transesterification device, can rise the materials temperature.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2008/80/050800725
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 19 Mar 2008 14:08
Last Modified: 22 Oct 2021 06:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152030
[thumbnail of 050800725.pdf]
Preview
Text
050800725.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item