Perancangan Sistem Simulasi Pemotongan Pada Model Permukaan dengan Algoritma Pengembangan Sutherland -Hodgman

Astutik (2008) Perancangan Sistem Simulasi Pemotongan Pada Model Permukaan dengan Algoritma Pengembangan Sutherland -Hodgman. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam dunia kedokteran, salah satu upaya untuk mengurangi resiko kesalahan pada saat operasi pembedahan dan efek samping pasca operasi seperti bekas luka (sikatrik) adalah penggunaan sistem simulasi pembedahan. Dimana bekas luka ini sering menimbulkan gangguan psikososial pada kehidupan pasien seperti rasa tidak percaya diri ketika berada di tengah-tengah masyarakat. Oleh karena itu, dalam penelitian ini, dibangun sebuah sistem simulasi pemotongan pada permukaan wajah manusia yang dimodelkan dengan menggunakan kumpulan polygon segitiga yang saling berhubungan. Operasi pemotongan kulit permukaan wajah disimulasikan dengan menggunakan algoritma pengembangan Sutherland-Hodgman dan perpindahan mouse. Pengembangan dari algoritma ini bertujuan supaya dapat menangani pemotongan permukaan subyek yang terbentuk dari kumpulan polygon kompleks dan membentuk hasil pemotongan menjadi polygon semula (polygon segitiga).Dari hasil uji coba coba simulasi, disimpulkan bahwa algoritma pengembangan Sutherland-hodgman dapat diterapkan untuk memotong model permukaan wajah. Namun, ada beberapa kasus seperti salah satu sisi segitiga berpotongan dengan salah satu titik ujung window (perpotongan antara dua sisi window), salah satu sisi dari polygon segitiga yang berpotongan dengan lebih dari dua sisi window dan ketika salah satu ujung window tepat berada pada salah satu ujung polygon segitiga yang belum dapat diatasi. Oleh karena itu, diharapkan akan adanya penelitian lebih lanjut mengenai simulasi pemotongan permukaan wajah yang dapat menangani kasus-kasus tersebut.

English Abstract

In the world of medical, wich is one of solution to be helpful in minimizing the fault risks at the time of surgery operation in progress and the result after the surgery is the usage of simulation of surgery system. For that, this research is developing a cutting on surface of human face simulation system. The human face itself is modeled using set of polygonal triangles. The operation of face skin cutting is simulated using developed Sutherland-Hodgman algorithm and mouse moves. This developed algorithm to able to handle the problem of cutting subject surface that is formed by set of polygonal complex and forming the result of the cutting be polygonal triangles. The result of the test done to this system, concluded that developed Sutherland-Hodgman algorithm can be applied to cutting of face surface. But, there are many cases cannot able to handled , like that wich is one of side triangle intersect on pint of window, side of polygon triangle interest more side of window, and the point of the window on the point of the polygon triangle. For that, it is expected to do some more research about this cutting human face simulation that consider with handling this cases.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2008/73/050800577
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 18 Mar 2008 14:11
Last Modified: 22 Oct 2021 05:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152020
[thumbnail of 050800577.pdf]
Preview
Text
050800577.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item