Simulasi Antrian Pada POM BENSIN (studi kasus pada SPBU 54.651.13 Rampal, Malang

Herawati, Maria Goretti Hari Srie (2008) Simulasi Antrian Pada POM BENSIN (studi kasus pada SPBU 54.651.13 Rampal, Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kendaraan pribadi yang semakin terjangkau oleh masyarakat karena banyak dealer yang menawarkan kredit dengan uang muka rendah dan cicilan yang ringan, serta kelangkaan BBM (Bahan Bakar Minyak) yang terjadi di Indonesia beberapa waktu belakangan yang membuat pasokan BBM ke daerah menjadi berkurang, sering menyebabkan antrian panjang pada beberapa pom bensin. Penulis memilih SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar untuk Umum) 54.651.13 Rampal, karena menurut penulis, SPBU ini merupakan salah satu SPBU yang memiliki jumlah POM (pompa bensin) yang banyak, yaitu sebanyak 9 POM, dan pelanggan yang menggunakan fasilitas di SPBU ini bervariasi. Skripsi ini membahas simulasi antrian pada pom bensin dengan struktur antrian dasar multi channel-single phase . Masalah antrian yang terjadi pada SPBU 54.651.13 Rampal, Malang bisa dikatakan tidak stabil, khususnya untuk POM 1 s/d POM 5 yang memang lebih sering digunakan untuk melayani sepeda motor, karena pada jam – jam sibuk, antrian yang terbentuk cukup panjang sehingga pelanggan harus menunggu lama untuk bisa memperoleh BBM. Sebaliknya pada jam – jam tidak sibuk, jumlah pelanggan sangat sedikit sehingga pelayan lebih sering menganggur. Lain halnya dengan POM 6 s/d POM 9 yang cenderung stabil karena lebih sering digunakan untuk melayani kendaraan beroda empat / lebih.

English Abstract

The personal vehicle that progressively can be reached by the people because of many dealer offering credit with low install and advanced payment, and also the rare of fuel that happened at indonesia this late time which make long queue at some gas station. The writer choosed SPBU 54.651.13 Rampal, because according to the writer, this SPBU is one of many which have lots of gas station, counted 9 gas station, and customer who use the facility in this SPBU are varied. This minithesis is discuss the queue simulation at gas station with basic queue structure multi channel-single phase. The queue matter which happened at SPBU 54.651.13 Rampal, Malang may told unstable, specially for gas station 1 to 5 that more oftenly used for motorcycle, because at the rush hour, long queue happened so the customer have to wait several times to get fuel. in other time, at regular time, the amount of the customer are very few, so that make the workers oftenly out of job. In other matters with gas station 6 to 9 that tend to stable because oftenly used to serve vehicles with four wheels or more.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2008/188/050802169
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 02 Sep 2008 13:45
Last Modified: 09 Mar 2022 06:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/151845
[thumbnail of 050802169.pdf]
Preview
Text
050802169.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item