Analisis Himpunan Bagian Kategori Jawaban Responden menggunakan Analisis Korespondensi

Jannah, Meilana Mustika (2008) Analisis Himpunan Bagian Kategori Jawaban Responden menggunakan Analisis Korespondensi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Analisis korespondensi merupakan salah satu analisis untuk memperoleh tampilan visual bagi data yang berasal dari pengamatan terhadap banyak peubah. Tujuan analisis korespondensi adalah untuk mengetahui hubungan antar peubah, dalam penelitian ini peubah karakteristik responden dan peubah kategori jawaban responden, sehingga semua kategori jawaban dianalisis. Namun, hasil analisis dengan kategori jawaban lengkap justru mengakibatkan penumpukan titik pada plot, sehingga interpretasi sulit dilakukan. Informasi yang diperoleh juga sangat sedikit. Analisis terhadap himpunan bagian kategori jawaban dapat dilakukan untuk memudahkan interpretasi dan menggali informasi lebih banyak dari plot hasil analisis. Perbedaan analisis korespondensi jawaban lengkap dan himpunan bagian kategori jawaban terletak pada matriks awal penguraian nilai singular tergeneralisasi. Untuk mengilustrasikan analisis terhadap himpunan bagian kategori jawaban, digunakan dua data sekunder hasil survai. Data pertama adalah penggunaan produk simcard GSM prabayar mahasiswa Universitas Brawijaya Malang dan kedua tentang pengaruh faktor internal konsumen terhadap keputusan pembelian shampo Sunsilk (studi pada warga di Dusun Sumberejo Kecamatan Dau Kabupaten Malang). Hasil analisis terhadap data pertama menunjukkan bahwa analisis terhadap masing-masing kategori jawaban sangat murah, murah, mahal dan sangat mahal dapat meningkatkan persentase inersia kumulatif plot lebih dari 80% dan hubungan antar kategori pada peubah karakteristik responden dan peubah kategori jawaban lebih banyak yang dapat diinterpretasi. Hasil analisis terhadap data kedua juga menunjukkan peningkatan persentase inersia kumulatif pada kategori jawaban sangat setuju, netral, tidak setuju dan sangat tidak setuju.

English Abstract

Correspondence analysis is one of multivariate visual techniques aimed to explore the association between variables (the variables in this research are respondent characteristics and response categories), thus all categories are included in analysis. But it will cause the graphs are saturated with points and are difficult to interpret. Also a little information could be obtained from this graphs. A subset analysis of response categories is needed to be done for easier interpretation and to be able to explore more information from the graphs. The difference between complete and subset analysis is in the beginning matrix which will be decomposized by generalized singular value decomposition. This research is based on two secondary data which come from survey’s result. The first data id the usage of prepaid GSM simcard by student of Brawijaya University and the second data is the effect of internal factor in consumer buying decision in Sumberejo Dau Malang. The result of the first data shows that analysis of very cheap, cheap, expensive and very expensive could increase the cummulative inertia percentages more than 80% and more association between respondent characteristics and response categories could be obtained and interpreted from the graphs. The result of the second data shows the increasing of cummulative inertia percentages only for categories: strong agree, neutral, disagree and strong disagree.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2008/104/050801452
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 17 Jul 2008 10:24
Last Modified: 09 Mar 2022 03:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/151760
[thumbnail of 050801452.pdf]
Preview
Text
050801452.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item