Pengukuran dan Pemodelan Karakteristik Frekuensi Bunyi pada Kereta Api

ArifFathqurRohman (2007) Pengukuran dan Pemodelan Karakteristik Frekuensi Bunyi pada Kereta Api. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Studi ini mencari nilai distribusi frekuensi bunyi kereta api dengan metode pencuplikan beberapa sinyal bunyi kereta api. Sinyal bunyi kereta api menjadi masukan melalui sound card komputer. Dengan metode pencuplikan beberapa sinyal bunyi tersebut akan dirubah dalam bentuk diskrit dalam domain waktu. Dengan algoritma DFT domain waktu tersebut akan dirubah dalam domain frekuensi. Sinyal bunyi kereta api diambil sebelum dan sesudah kereta api melalui sensor bunyi. Dari hasil penelitian bisa diketahui nilai distribusi frekuensi dengan magnitudo maksimum dan distribusi frekuenasi dengan magnitudo minimum. Frekuensi bunyi kereta api mempunyai nilai magnitudo minimum berada dikisaran 3000 Hz sampai 4000 Hz. Sedangkan untuk distribusi frekuensi maksimumnya berada dikisaran 100 Hz sampai 500 Hz. Nilai spektrum dan kekuatan magnitudo frekuensi bunyi kereta api berbeda untuk beberapa jenis kereta api.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2007/050702325
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 13 Sep 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 03:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/151662
[thumbnail of 050702325.pdf]
Preview
Text
050702325.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item