Pencarian Rute Tercepat pada Biro Perjalanan Menggunakan Algoritma Transitive Closure

RatnaniNurhayatie (2007) Pencarian Rute Tercepat pada Biro Perjalanan Menggunakan Algoritma Transitive Closure. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini didasari atas fenomena persaingan usaha dalam bidang travelling. Biro perjalanan tentu ingin menarik pelanggan serta berusaha lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan khususnya dalam hal penjemputan.Untuk menjemput pelanggan, biro perjalanan menyediakan kendaraan khusus yang dapat menampung pelanggan. Setiap pelanggan akan dijemput oleh satu kendaraan yang telah disediakan Tetapi sering kali perjalanan pelanggan terganggu karena adanya kemacetan. Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah membantu biro perjalanan dalam hal menagmbil keputusan mengenai rute mana yang sebaiknya dipilih agar dapat sampai ke tujuan dengan cepat dan memprediksi waktu kedatangan di tempat tujuan pelanggan dengan kisaran waktu yang seminimal mungkin sehingga dapat menarik pelanggan sebanyak mungkin serta dapat meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.Untuk itulah, dibutuhkan suatu metode untuk mengurangi masalah tersebut dengan membuat perangkat lunak yang mampu menghitung waktu tiba di tempat penjemputan, menghitung lama perjalanan, total lama perjalanan serta menunjukkan alternatif rute lain yang dapat ditempuh dengan cepat. Pembuatan perangkat lunak ini menggunakan algoritma Transitive Closure yang merupakan salah satu algoritma yang mempunyai kemampuan untuk memberikan alternatif rute yang lain serta dapat memprediksi kemacetan yang ada pada tempat tertentu pada waktu-waktu tertentu sehingga dapat meningkatkan pelayanan kepada pelanggan suatu biro perjalanan. Kesimpulan yang dapat diambil dari penulisan tugas akhir ini adalah perangkat lunak ini dapat membantu suatu biro perjalanan dalam meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, agar perjalanan yang akan dilalui menjadi lebih efektif dan efisien. Saran yang dapat diberikan adalah informasi kepadatan lalu lintas sebaiknya disesuaikan dengan data dari dinas perhubungan kota setempat dan sebaiknya kemacetan lalu lintas dapat digolongkan berdasarkan hari tertentu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2007/050702103
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 28 Aug 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 03:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/151633
[thumbnail of 050702103.pdf]
Preview
Text
050702103.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item