ParamitaDewanti (2007) Penerapan Analisis Regresi Peubah Dummy Pada Analisis Konjoin (Conjoint Analysis) Dalam Pengembangan Produk Baru : studi kasus pada Mahasiswa Perokok di Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Regresi peubah dummy atau biasa disebut regresi dummy adalah regresi yang salah satu atau kesemua peubah prediktornya berjenis kategori. Analisis konjoin adalah suatu analisis peubah ganda yang merupakan teknik analisis dependensi yang digunakan untuk memahami bagaimana seorang konsumen membangun tingkat kesukaannya terhadap suatu produk atau jasa. Salah satu kegunaan analisis konjoin adalah merancang produk baru yang sesuai dengan selera konsumen namun masih mementingkan kepentingan produsen. Regresi peubah dummy digunakan untuk menduga koefisien part-worth pada analisis konjoin. Koefisien part-worth digunakan untuk melihat level-level dari tiap-tiap atribut yang paling disukai oleh responden. Produk baru tersebut berasal dari kombinasi level-level yang paling disukai oleh responden. Produk baru yang dimaksud adalah produk rokok. Produk tersebut diharapkan dapat dijadikan pertimbangan oleh produsen rokok terutama PT Djarum dalam memproduksi rokok yang sesuai dengan selera konsumen.. Data penelitian merupakan data primer. Data tersebut berasal dari kuisioner yang telah diisi oleh 100 responden yang merupakan mahasiswa aktif UNIBRAW. Berdasarkan hasil analisis konjoin, produk baru yang sesuai dengan selera konsumen adalah rokok dari jenis produksi SKM, jenis rokok Reguler , kemasan Hard Pack dan isi rokok berjumlah 16 batang. Pengembangan produk baru yang dilakukan oleh PT Djarum sudah menggunakan prinsip analisis konjoin. Namun penilaian stimuli atau konsep produk baru dilakukan dengan menggunakan produk sesungguhnya. Responden tidak hanya menilai tetapi juga memberikan komentar terhadap konsep produk baru. Dalam menghimpun responden, PT Djarum mengadakan suatu forum diskusi yang bernama FGD ( Focus Group Discussion ) yang beranggotakan maksimum 12 responden.
English Abstract
Dummy variables regression is used when one or all of the predictor variables are categorical variables. Conjoint analysis is a multivariate analysis which is used for understanding how consumers develop their preferences for products or services. One of the functions of conjoint analysis is planning new products which appropriate with consumer’s desire but it still cares about producer’s importance. Dummy variables regression is used for estimating part-worth coefficient in conjoint analysis. Part-worth coefficient is used to know levels which are liked by consumer in each attribute. A new product is from the combination of levels which is liked by consumers. A new product is a cigarette product. That product is wished can be a consideration by producers especially PT Djarum to produce a cigarette product which is appropriate with consumer’s desire. Consumers in this research are active students of Brawijaya University. Research’s data is primary data which are from questioner that have been filled by 100 respondents. Respondents are active students of Brawijaya University. According to conjoint analysis, a new product which is appropriate with consumer’s desire is a cigarette product which is from Machine Kretek Cigarette, Mild with hard pack and 16 cigarettes in one pack. A new product development which is done by PT Djarum, has used conjoint analysis principal. But the evaluation about stimuli or concept products uses the real product not questioner. Respondents not only evaluate but they also give comments about concept products. To unite respondents, PT Djarum creates a discussion which is called FGD or Focus Group Discussion . There are 12 respondents in FGD.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/MIPA/2007/050701813 |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 01 Sep 2008 14:27 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 03:20 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/151608 |
Preview |
Text
050701813.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |