Perancangan dan Pembuatan Sistem Pengaturan Suhu Di Dalam Greenhouse Pada Budidaya Bunga Krisan (Chrysanthemum sp) Menggunakan Mikrokontroler ATMEGA 16

Bimasakti, Bramsatya (2012) Perancangan dan Pembuatan Sistem Pengaturan Suhu Di Dalam Greenhouse Pada Budidaya Bunga Krisan (Chrysanthemum sp) Menggunakan Mikrokontroler ATMEGA 16. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bunga krisan merupakan salah satu tanaman hias yang mempunyai prospek yang baik untuk dibudidayakan dan dijadikan sumber penghasilan, permintaan pasar akan bunga ini di Indonesia juga cukup tinggi, bahkan dari mancanegara. Sayangnya kendala kebutuhan suhu optimum bagi tanaman ini menjadi penyebab jeleknya kualitas tanaman dan sulitnya prediksi waktu panen, sehingga mempengaruhi peluang pasar akan bunga krisan, akibatnya petani akan mengalami kerugian. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah melakukan rancang bangun greenhouse untuk bunga krisan (Chrysanthemum sp.), melakukan rancang dan bangun sistem pengaturan suhu berbasis mikrokontroler pada budidaya bunga krisan (Chrysanthemum sp.), dan melakukan pengujian dengan menggunakan greenhouse berukuran luas . Hasil menunjukkan bahwa tingkat kesalahan yang dilakukan pengontrol suhu yang telah dibuat dibandingkan dengan termometer batang sebesar 0-2%. Pengujian ini dilakukan selama 3 hari dan hasil record ujicoba greenhouse berkontrol selama continue per 5 detik dengan pengambilan data pada titik-titik ektrimnya yaitu pada pukul 08.00 WIB, 10.00 WIB, 12.00 WIB, 14.00 WIB, 16.00 WIB, 18.00 WIB, dan menghasilkan pengontrol suhu dapat bekerja dengan baik untuk mengkondisikan suhu di dalam greenhouse tetap stabil antara sesuai dengan batas optimal bunga krisan. Dan hasil dari paired t test mikrokontroler pengaturan suhu di dalam greenhouse ini efektif untuk mengkondisikan suhu yang sesuai untuk tanaman krisan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/74/2012/051201107
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Keteknikan Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Sep 2012 10:07
Last Modified: 22 Oct 2021 03:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/151553
[thumbnail of Skripsi_lengkap.pdf]
Preview
Text
Skripsi_lengkap.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item