Pengaruh Perbedaan Proporsi Media Sari Pisang Overripe dan Ekstrak Tauge terhadap Pertumbuhan dan Rendemen Minyak Chlorella vulgaris

Lailiyah, AlifUmmamiFaridatul (2017) Pengaruh Perbedaan Proporsi Media Sari Pisang Overripe dan Ekstrak Tauge terhadap Pertumbuhan dan Rendemen Minyak Chlorella vulgaris. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertumbuhan Penduduk di Indonesia berdampak secara langsung terhadap peningkatan konsumsi energi. Akibat peningkatan konsumsi energi ini, dilakukan eksploitasi bahan bakar fosil untuk memenuhi kebutuhan energi di Indonesia, eksploitasi bahan bakar fosil secara berlebih secara perlahan-lahan akan menghabiskan cadangan bahan bakar fosil di Indonesia. Untuk mengatasi masalah ini, dibutuhkan sumber energi alternatif yang dapat menggantikan bahan bakar fosil. Salah satu sumber energi alternatif yang dapat digunakan adalah biodiesel. Biodiesel merupakan sumber energi alternatif yang diproduksi dengan bahan baku minyak. Minyak untuk proses produksi biodiesel dapat diperoleh dari tanaman, limbah pertanian dan mikroalga. Mikroalga yang dapat digunakan untuk produksi minyak salah satunya adalah Chlorella vulgaris. Untuk menghasilkan minyak dalam jumlah yang tinggi Chlorella vulgaris ditumbuhkan secara mixotrof dengan menambahkan nutrisi berupa glukosa ke dalam media pertumbuhan. Sari pisang overripe dapat digunakan sebagai sumber glukosa dalam proses penumbuhan Chlorella vulgaris secara mixotrof. Selain glukosa, untuk tumbuh optimal Chlorella vulgaris juga membutuhkan nutrisi tambahan berupa vitamin dan mineral, untuk memenuhi kebutuhan ini dapat ditambahkan ekstrak tauge dengan jumlah yang sesuai ke dalam media sari pisang overripe. Penelitian ini dilakukan dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) satu faktor, dengan faktor berupa proporsi media sari pisang overripe dan ekstrak tauge, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan perbandingan yang sesuai antara sari pisang overripe dan ekstrak tauge yang dapat menghasilkan rendemen minyak yang tinggi dan pertumbuhan Chlorella vulgaris yang optimal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proporsi media sari pisang overripe dan ekstrak tauge berpengaruh terhadap kepadatan sel dan rendemen minyak, media dengan proporsi 3:1 (pisang overripe:ekstrak tauge) merupakan media dengan kepadatan sel tertinggi 376×106 sel /ml dan rendemen minyak tertinggi 74,2 %.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2017/227/051704501
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 14 Jun 2017 10:51
Last Modified: 14 Jun 2017 10:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/151456
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item