IdaKurniasari, Muji (2017) Analisis Strategi Bauran Pemasaran Ledre Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) Dan Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution (Topsis) (Studi Kasus Di Ud. Sari Ra. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pada era globalisasi ini, pertumbuhan perekonomian negara maupun daerah pada khususnya dipengaruhi oleh peningkatan jumlah penduduk yang semakin tinggi. Penerapan sistem otonomi daerah yang diserahkan secara penuh kepada daerah masing-masing juga membuat tiap-tiap daerah berlomba-lomba untuk mengembangkan wilayahnya dengan memanfaatkan seluruh potensi yang ada. Salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang pendukung utama pembangunan ekonominya merupakan sektor industri kecil dan mampu menyerap banyak tenaga kerja pada wilayah tersebut adalah Kabupaten Bojonegoro. Industri kecil ledre di Kabupaten Bojonegoro terletak di 2 Kecamatan, yaitu Kecamatan Purwosari dan Kecamatan Padangan. Salah satu yang terdapat pada Kecamatan Purwosari adalah UD. Sari Rasa. Perusahaan dihadapkan pada tingkat persaingan yang semakin tinggi atau semakin ketat dalam perkembangannya. Tingkat persaingan yang sangat tinggi dipengaruhi oleh adanya teknologi yang digunakan, varian rasa, dan promosi yang dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan kriteria dan subkriteria yang menjadi prioritas dalam penyusunan strategi bauran pemasaran dan menentukan alternatif strategi bauran pemasaran ledre di UD. Sari Rasa. Analisis strategi pemasaran ini dilakukan menggunakan metode AHP dan TOPSIS. AHP digunakan untuk menentukan bobot masing-masing kriteria dan subkriteria yang menjadi unsur penyusunan strategi bauran pemasaran. Variabel yang digunakan dalam AHP menggunakan variabel produk, harga, lokasi, dan promosi. TOPSIS digunakan untuk menentukan alternatif strategi bauran pemasaran pada UD. Sari Rasa. Responden ahli yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 1 orang pemilik dan 1 orang pada bagian pemasaran ledre di UD. Sari Rasa. Perhitungan menggunakan metode AHP, menghasilkan bobot kriteria dan subkriteria strategi bauran pemasaran ledre pada UD. Sari Rasa yang berbeda sesuai dengan tingkat kepentingan masing-masing. Hasil kriteria yang tertinggi berdasarkan bobot adalah kriteria promosi (0,35). Bobot subkriteria yang tertinggi hingga terendah, adalah hubungan masyarakat (0,221), kualitas produk (0,216), dan jangkauan distribusi (0,158). Alternatif strategi bauran pemasaran ledre pada UD. Sari Rasa berdasarkan metode TOPSIS adalah memberdayakan masyarakat sekitar dalam pembuatan ledre pada subkriteria hubungan masyarakat, menggunakan bahan baku yang berkualitas pada subkriteria kualitas produk, dan mempertahankan dan menjalin hubungan baik dengan retail pada jangkauan distribusi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTP/2017/168/05173332 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian |
Depositing User: | Sugiantoro |
Date Deposited: | 18 Apr 2017 13:50 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 03:11 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/151399 |
![]() |
Text
Cover_Depan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR_ISI.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
IV_HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
JURNAL.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
V_KESIMPULAN_DAN_SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
I_PENDAHULUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
Daftar_pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
II_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
III_METODE_PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |