Perencanaan Strategi Pengembangan Usaha Susu Pasteurisasi Dengan Metode Balanced Scorecard (Bsc) (Studi Kasus Di Koperasi Unit Desa “Batu”)

Yuliastiti, Karina (2017) Perencanaan Strategi Pengembangan Usaha Susu Pasteurisasi Dengan Metode Balanced Scorecard (Bsc) (Studi Kasus Di Koperasi Unit Desa “Batu”). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

KUD “BATU” merupakan salah satu unit usaha mikro yang bergerak dalam industri pengolahan susu pasteurisasi yang dikenal dengan merek dagang “Nandhi Murni”. Permintaan susu pasteurisasi yang cenderung mengalami peningkatan membuat KUD “BATU” memiliki potensi untuk dikembangkan, namun banyaknya produk sejenis dan produk substitusi yang muncul di wilayah Kota/Kabupaten Batu menjadi penghambat KUD “BATU” untuk mengembangkan usahanya. Oleh karena itu, strategi pengembangan usaha perlu direncanakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan rencana strategi yang tepat untuk pengembangan usaha susu pasteurisasi KUD “BATU” menggunakan pendekatan keempat perspektif Balanced Scorecard. Tahap awal perencanaan strategi pengembangan usaha susu pasteurisasi KUD “BATU” dengan metode Balanced Scorecard adalah menganalisis faktor internal dan eksternal yang ada di perusahaan guna mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman perusahaan. Pemilihan strategi sesuai dengan kerangka Balanced Scorecard dengan penentuan matriks IFAS dan EFAS. Total skor pada matriks IFAS dan EFAS dijadikan dasar untuk matriks IE guna menentukan posisi KUD “BATU” saat ini. Berdasarkan analisis dan hasil matriks IFAS serta EFAS, posisi KUD “BATU” berada pada sel I yaitu kuat dan membangun. Perencanaan strategik menggunakan Balanced Scorecard dengan melihat posisi KUD “BATU” adalah pada perspektif keuangan adalah meningkatkan volume penjualan sebesar 15%. Pada perspektif pelanggan, KUD “BATU” dapat meningkatkan segmen pasar dengan cara memperluas wilayah pemasaran produk. Pada perspektif bisnis internal, KUD memiliki target di tahun 2017 yaitu menambah 1 produk baru dari segi varian rasa, untuk mengindari kegagalan produk KUD “BATU” meningkatkan sistem quality control pada proses produksi guna menjaga kualitas produk dengan target tidak ada produk yang cacat atau nol (0), dan meningkatkan hubungan baik dengan pemasok dan mitra kerja agar pemasok dapat dipertahankan. Pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan terdapat inisiatif strategi pelatihan dan pemberdayaan karyawan dimana targetnya 30 karyawan KUD “BATU” dapat melakukan pekerjaannya sesuai dengan SOP yang berlaku dengan adanya pelatihan dan pemberdayaan karyawan serta pengembangan sistem program pengolahan data komputer dan pelatihan kursus komputer agar menguasai program microsoft word, excel, dan power point.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2017/149/051703031
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 03 Apr 2017 09:57
Last Modified: 22 Oct 2021 02:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/151377
[thumbnail of JURNAL_Karina_Yuliastiti.pdf]
Preview
Text
JURNAL_Karina_Yuliastiti.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of laporan_skripsi_A5.pdf]
Preview
Text
laporan_skripsi_A5.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item