Analisa Organoleptik Produk Olif (Organic Salted Fish) Sebagai Inovasi Produk Ikan Asin Unggulan Yang Enak, Sehat, Dan Awet

Nadhiroh, Nafal (2017) Analisa Organoleptik Produk Olif (Organic Salted Fish) Sebagai Inovasi Produk Ikan Asin Unggulan Yang Enak, Sehat, Dan Awet. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Potensi ikan di Indonesia sangat besar baik dari segi kuantitas maupun keanekaragamnnya. Komoditas hasil perikanan merupakan produk yang memiliki umur simpan pendek. Ikan segar hanya dapat bertahan selama kurang lebih 15 jam. Diperlukan pengolahan yang tepat untuk membuat produk komoditas perikanan memiliki umur simpan yang lama. Salah satunya dengan metode pengasinan ikan. Produksi ikan asin di Indonesia memiliki kualitas yang rendah, yaitu menggunakan bahan pengawet berbahaya, kebersihan dan keamanan produknya kurang diperhatikan, tidak ada sertifikasi mutu, pelabelan informasi yang tidak jelas, serta kemasan produk yang minim. Hal ini membuat produk ikan asin dalam negeri tidak memiliki daya jual dan tidak mampu bersaing dengan produk ikan asin impor. Rasa ikan asin yang terlalu asin juga membuat masyarakat menjadi kurang suka dan berbahaya bagi penderita penyakit tertentu. Oleh karena itu, muncul ide membuat ikan asin yang enak, sehat, aman, serta higienis yaitu OLIF (Organic salted fish) yang merupakan produk ikan asin dengan bahan pengawet teh dan daun pandan dengan jumlah garam yang disesuaikan. OLIF diharapkan mampu meningkatkan daya jual produk ikan asin yang dapat bersaing dengan produk ikan asin lokal maupun produk luar negri. Metode pelaksanaan kegiatan ini ada 5 tahap diawali dengan tahap persiapan, tahap pengenalan produk, tahap produksi, tahap labelisasi, dan terakhir tahap pemasaran. Produk OLIF dilengkapi dengan kemasan yang menarik yaitu dengan kemasan pouch ziplock yang terdapat informasi edukasi mengenai tips kesehatan di bagian belakang kemasan. OLIF memiliki kandungan gizi 25,03% protein, 25,87% lemak, 47,17% air, 10,39% abu, dan 21,54% karbohidrat. OLIF telah memiliki 1 outlet dan 2 pihak yang bekerjasama untuk penjualan OLIF dan memiliki 2 orang karyawan. Total omset OLIF selama 7 bulan mencapai Rp.16.419.292 dengan hasil yang didapat yaitu sebesar Rp22.702.500.

English Abstract

Indonesian was a largest archipelago state. The number of fishery production in indonesian has highly potential in qualities and quantities. The fishery product has a very short period shelf life. The fishery product just could last in approximately 15 hours. Therefore, appropriate treatment it been necessary done for extend the period of shelf life. Salting fish method was one among the other methods. Salted fish production in indonesian has a poor quality, there so many salted fish product were proceed by using formalin, a poor higienical, doesn‟t has guaranteed food safety and poor packaging product with no any information of specification product were made this kind product which produced by local doesn‟t has good compatitiveness with the other imported product. The salted fish that has too salty taste less favored by communities and dangerous for people with certain diseases.Therefore, it arisen an idea to created OLIF (Organic salted fish) a salted fish product with a great safety guaranteed, healthy, and higienic by using tea, pandan leaves and dose of salt that has been adjusted for the preservation. OLIF were expecting to improve the compatitiveness and marketability salted fish product in local and international market, especially for AEC (Asean Economic Community). There was five phase methods of implementation, start with preparation phase, introduction products phase, production phase, packaging phase, and marketing phase. OLIF product were packed by using attractive package, there was cap equipped with ziplock and education information tips about health behind the package. OLIF contains nutrients as follows 25.03% protein, 25.87% fat, 47.17% water, 10.39% ash, and 21.54% carbohydrates. OLIF product already has subsidiary one personal outlet and two outlet as a result cooperation with other institusion, and also has two employees. The income from OLIF sales during seven months sales has reach of Rp 22.702.500, with net profit of Rp16.419.292.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2017/120/051702578
Uncontrolled Keywords: Ikan asin, organik, OLIF, pengawet alami
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 08 Mar 2017 10:58
Last Modified: 17 Nov 2021 03:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/151347
[thumbnail of Jurnal_Nafal_Nadhiroh,_STP.pdf] Text
Jurnal_Nafal_Nadhiroh,_STP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Poster_Nafal_Nadhiroh,_STP.pdf] Text
Poster_Nafal_Nadhiroh,_STP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi_Nafal_Nadhiroh,_STP.pdf] Text
Skripsi_Nafal_Nadhiroh,_STP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item