Perencanaan Strategi Pemasaran Keripik Kentang Dengan Metode Anp Dan Topsis (Studi Kasus Pada Agronas Gizi Food, Batu)

Wardahniati, Asti (2016) Perencanaan Strategi Pemasaran Keripik Kentang Dengan Metode Anp Dan Topsis (Studi Kasus Pada Agronas Gizi Food, Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Batu merupakan kota yang subur untuk pertanian, sehingga sektor pertanian mempunyai peran penting dalam bidang perekonomian. Kota Batu berpotensi sebagai Kota Agropolitan karena memiliki beragam tanaman hortikultura, yang salah satunya adalah kentang. Banyak diantara pelaku bisnis yang memanfaatkan kentang sebagai bahan baku pembuatan keripik kentang. Agronas Gizi Food merupakan industri keripik kentang yang memasarkan produknya di Kota Batu, Malang, Bandung, Magelang, Surabaya dan Sidoarjo serta membuka gerai di dekat tempat produksi. Agronas Gizi Food belum menetapkan strategi pemasaran yang pasti untuk mengembangkan usahanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi sub kriteria yang menjadi prioritas untuk digunakan sebagai acuan merumuskan alternatif strategi pemasaran serta untuk menentukan strategi pemasaran yang menjadi prioritas yang dapat dilakukan Agronas Gizi Food. Penelitian ini dilakukan dengan metode ANP dan TOPSIS. ANP digunakan untuk mengidentifikasi sub kriteria yang menjadi prioritas. TOPSIS digunakan untuk menentukan prioritas strategi pemasaran. Variabel yang digunakan pada penelitian ini yaitu 5 kriteria dan 15 sub kriteria sumber daya pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sub kriteria yang memiliki bobot tertinggi untuk merumuskan alternatif strategi pemasaran di Agronas Gizi Food adalah membangun hubungan dengan konsumen dengan bobot kepentingan 0.296. Strategi pemasaran yang menjadi prioritas Agronas Gizi Food adalah meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan dengan skor 0.97.

English Abstract

Batu is a city that fertile for agriculture, so that agriculture has an important role in the economy. Batu has potential as Agropolitan city because it has a variety of horticultural plants, one of it, is potato. Many of the businesses use potato for potato chips. Agronas Gizi Food is the potato chips industry, It markets the products in Batu, Malang, Bandung, Magelang, Surabaya and Sidoarjo and its store is near the production place. Agronas Gizi Food has not set the marketing strategy to develop their business. The objective of this research is to identify priorities of the sub-criteria to be used as a reference to formulate the alternative marketing strategies as well as to determine the priority of marketing strategy in Agronas Gizi Food. The research method using ANP and TOPSIS. ANP is used to identify the priority of sub-criteria. TOPSIS is used to determine the priority of the marketing strategy. The variables in this research are five criteria and 15 sub criteria of marketing resources. The result shows that the sub-criteria that has the highest weight to formulate the alternative of marketing strategies in Agronas Gizi Food is building relationship with consumers, the importance weight is 0.296. The priority of marketing strategy in Agronas Gizi Food is improving the quality service to the customers with scores is 0.97.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2016/685/051612802
Uncontrolled Keywords: ANP. marketing strategy, potato chips, Topsis
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 20 Dec 2016 10:11
Last Modified: 15 Nov 2021 07:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/151252
[thumbnail of LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf] Text
LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of LAPORAN_A5_BAB_I-LAMPIRAN.pdf] Text
LAPORAN_A5_BAB_I-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of LAPORAN_A5_COVER-DAFTAR_LAMPIRAN.pdf] Text
LAPORAN_A5_COVER-DAFTAR_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item