Analisis Produktivitas Menggunakan American Productivity Center (APC) dan Productivity Evaluation Tree (PET) (Studi Kasus Di CV. Arjuna 999 Kota Batu Jawa Timur)

Wiyogo, Agung (2016) Analisis Produktivitas Menggunakan American Productivity Center (APC) dan Productivity Evaluation Tree (PET) (Studi Kasus Di CV. Arjuna 999 Kota Batu Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peningkatan produktivitas yang dicapai oleh suatu perusahaan sangat berarti dalam peningkatan sumber daya yang digunakan. Pengukuran produktivitas dilakukan dalam periode tertentu untuk mengetahui tingkat produktivitas yang telah dicapai suatu perusahaan dan sebagai bahan evaluasi serta acuan perbaikan. Kondisi yang telah dicapai dapat disebabkan oleh berbagai faktor, baik faktor input maupun output dalam sistem produksi. CV Arjuna 999 merupakan sebuah badan usaha perorangan yang memproduksi berbagai macam jenis keripik buah dan sayur sebagai oleh-oleh khas Kota Batu. CV Arjuna 999 hanya menghitung profit dari hasil penjualan sebagai ukuran produktivitas perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah menentukan tingkat produktivitas, profitabilitas dan indeks perbaikan harga pada CV Arjuna 999 dan membuat usulan untuk meningkatkan produktivitas CV Arjuna 999 dimasa mendatang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode American Productivity Center (APC) dan Productivity Evaluation Tree (PET). Metode APC diukur dengan menghitung angka indeks produktivitas menggunakan harga – harga konstan pada periode dasar, menghitung indeks profitabilitas dengan menggunakan harga yang berlaku, dan menghitung indeks perbaikan harga dari setiap input yang digunakan. PET merupakan suatu alat analisa produktivitas yang dapat digunakan untuk mengukur dan merencanakan produktivitas suatu perusahaan dengan mengandalkan pada keputusan manajerial, terutama dalam mengidentifikasi dan menguji alternative perencanaan. xiv Dari hasil analisis menggunakan PET didapatkan besar perubahan produktivitas pada bulan Juli 2015 adalah sebesar 0,12 dan selisih nilai VPT(1)Jul15 dan VPT(2)Jul15 sebesar 0.1839 yang menunjukkan beberapa faktor yang harus dianalisa dan dilakukan perbaikan. Rencana usulan perbaikan produktivitas di CV. Arjuna 999 melalui tools fishbone diagram meliputi bahan baku, energi, manusia, dan modal. Pada masalah bahan baku yaitu dengan memaksimalkan penggunaan jumlah bahan baku keseluruhannya menjadi produk jadi dan memastikan kualitas bahan baku dari supplier. Pada masalah tenaga kerja dengan memberikan training untuk meningkatkan skill dan memberikan motivasi kerja. Pada masalah energi yaitu penghematan penggunaan energi listrik dengan mencabut kabel kontak dari terminal listrik apabila sudah tidak digunakan dan mematikan stop kontak listrik bila tidak digunakan. Pada masalah modal yaitu dengan memperbaiki pembukuan perusahaan serta menyediakan aliran cash flow.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2016/67/051602948
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 13 Apr 2016 09:42
Last Modified: 16 Nov 2021 02:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/151235
[thumbnail of 1.Cover.pdf]
Preview
Text
1.Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8._RINGKASAN.pdf] Text
8._RINGKASAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 9._KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
9._KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10._Daftar_Isi,_Tabel,_Gambar,_Lampiran.pdf] Text
10._Daftar_Isi,_Tabel,_Gambar,_Lampiran.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB_1.pdf] Text
BAB_1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB_2.pdf] Text
BAB_2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB_3.pdf] Text
BAB_3.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB_4.pdf]
Preview
Text
BAB_4.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_5.pdf] Text
BAB_5.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of DAPUS.pdf] Text
DAPUS.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item